Tips Memasak Daging Kambing Qurban Agar Empuk

Beberapa hal yang mungkin menyebabkan kita enggan memasak dengan menggunakan daging kambing sebagai bahan utama adalah bau prengus yang khas dari daging kambing itu sendiri.

Terlebih saat Hari Raya Idul Qurban tiba, stok daging kambing untuk dimasak menjadi berlimpah.

Daging kambing juga mempunyai tekstur sedikit alot apabila cara memasaknya salah. Apalagi bila tidak mengetahui tips yang akan Kamu baca di artikel ini.

Kandungan Gizi Daging Kambing
Sebelum mengolah daging kambing menjadi berbagai macam masakan, sedikit banyak kita boleh tahu apa kandungan gizi yang terdapat dalam daging kambing.

Selain protein, daging kambing juga memiliki zat gizi lainnya yang berguna bagi tubuh kita diantaranya, Lemak, Kalori, Kolesterol dan zatbesi.

Menurut situs pengawas makanan Amerika, USDA, setiap 100 gram daging kambing mengandung 27 gram protein, 143 kkal kalori, lemak cukup rendah sebesar 3 gram, namun kandungan kolesterolnya tinggi sebesar 75 mg. Selain itu, seperti halnya daging sapi, daging kambing mengandung zat besi, vitamin B12, fosfor dan selenium.

Setelah mengetahui kandungan nutrisi dalam daging kambing, berikut beberapa manfaat daging kambing:

Sumber energi yang besar untuk aktivitas sehari-hari
Pembentukan otot, kandungan protein di dalamnya sangat penting untuk pembentukan otot dan pertumbuhannya

Mencegah anemia, hal ini disebabkan karena daging kambing mengandung zat besi yang besar

Meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan zat besinya yang tinggi, mencapai100 gram memenuhi 26% kebutuhan zat besi harian, yang bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh.

Antioksidan, kandungan seleniumnya yang besar, 38 mg atau 54% kebutuhan harian tubuh merupakan antioksidan
Menjaga kesehatan mata,
Kandungan vitamun B2 atau riboflavin sebesar 0.3mg atau 18% dari kebutuhan harian penting untuk menjaga kesehatan mata

Menjaga sistem saraf, kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi baik untuk menjaga sistem saraf kita

Kesehatan tulang, kandungan phosphorus yang besar, 272mg atau 27% dari kebutuhan harian bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang

Hanya saja, di samping aneka manfaat daging kambing, kita harus berhati-hati dalam mengonsumsinya, jangan berlebihan. Karena kolesterol yang terkandung di dalamnya termasuk tinggi.

Cara Mengolah Daging Kambing dan Cara Memasaknya:

Mengolah daging kambing memang susah-susah gampang, setelah kita mengetahui manfaat dan gizi yang terkandung didalam daging kambing mari kita mulai mengolahnya:

1. Jangan mencuci daging kambing
Daging kambing segar tidak perlu dicuci terlebih dahulu sebelum memasaknya. Justru setelah dicuci bau prengus akan semakin keluar. Cukup rebus daging menggunakan air lalu buang kotoran dan busa-busa yang keluar selama proses perebusan.

2. Baluri dengan parutan nanas, Getah nanas yang tajam juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot. Selain itu juga bisa membantu mengatasi aroma amis daging. Lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru olah seperti biasa.

Leave a Reply