Modal Utama Kesuksesan Rasulullah

4 Modal Utama Kesuksesan Rasulullah

Nabi Muhammad bisa mencapai kesuksesan tidak terlepas dari 4 karekter ini, karena 4 karekter ini sudah sangat melekat dalam kepribadian beliau.  Semenjak Nabi Muhammad kecil ia sudah dikenal sebagai seorang yang jujur dan tepercaya..

 

 

Penunjukan kepada kaumnya terhadap Nabi Muhammad sebagi hakim pada peristiwa resolusi Kakbah merupakan kepercayaan tertinggi penduduk Mekah terhadap kejujurannya. Sifat kejujuran beliau inilah yang juga mengantarkan kesuksesan beliau dalam berbisnis dan mengemban dakwah di kemudian hari.

Al-Amin : Jujur

Jauh sebelum Nabi Muhammad dikenal sebagai seorang entrepreneur sukses bahkan diberikan risalah kenabian semenjak kecil Nabi Muhammad dikenal sebagai Al-Amin atau orang yang terpercaya. Tentunya gelar ini tidak didapatkan dari gelar akademik atau gelar sekedar gelar kehormatan.

Gelar ini merupakan sebuah identitas kehormatan yang diberikan oleh masyarakatnya terhadap kejujuran kepribadian beliau. Reputasi Al-Amin yang tertanam kuat pada diri Nabi Muhammad semenjak muda menjadi semacam Brand Personality yang kelak menajdi modal awal kesuksesan beliau mengemban dakwahnya.

Lihatlah, betapa kekuatan Brand Personility Al-Amin, faktor kejujuran menjadi awal modal kesuksesan Nabi Muhammad, untuk membangun kerajaan bisnisnya.

Padahal pada awalnya beliau tidak memiliki modal sepeser pun untuk menjadi seorang terkaya di kota Mekah. Semuanya barawal dari kejujuran. Inilah kunci untuk menjadi SUKSES!!!

“Jika anda ingin sukses berbisnis, maka mulailah membangun Brand Personility atau identitas kejujuran diri anda! “

Al-Amanah : Dapat dipercaya

Bukan sekedar terpercaya kata-katanya, namun beliau juga sungguh-sungguh membuktikan dengan perbuatannya. Nabi Muhammad muda adalah orang yang paling teguh memengang prinsip dan janji. Bila berjanji beliau akan komitmen memegang janji tersebut.

Terbukti ketika para pemuda Quraisy berniat untuk membunuh Nabi Muhammad yang akan melakukan hijrah, mereka sempat mengintip dan mengamati isi rumah Nabi Muhammad dikala itu.

Ternyata disana masih tersimpan barang-barang berharga yang pernah mereka amanahkan kepadanya. Sebelum berangkat hijrah, beliau sempat menyerahkan pengelolaannya kepada Sayyidini Ali.

Orang-orang Quraisy sempat terhenyak demi mengetahui bahwa Nabi Muhammad yang selama ini mereka musuhi ternyata masih bersikap amanah dan tepercaya menjaga barang-barang beharga milik mereka..

Lebih dari itu , Nabi Muhammad muda ingin melakukan revolusi dalam perdagangan masa itu. Cara-cara perdagangan masa jahiliah yang kotor, monopoli, penuh dengan tipu muslihat dan sangat sedikit pedagang yang jujur seperti Nabi Muhammad.

Nabi Muhammad dikenal sebagai pedangan yang jujur, adil, dan komitmen dalam membuat perjanjian perdagangan. Beliau mengantarkan barang-barangnya selalu tepat waktu dan tidak mengurangi timbangannya.

Model transaksi berbisnis Nabi Muhammad yang menerapkan konsep kejujuran dan komitmen inilah yang kemudian dikenal dengan istilah Customer Satisfaction (kepuasan pelanggan). Dengan cara berbisnis seperti inilah kemudian beliau mampu menarik banyak simpati para pelanggan.

At-Tabligh : Komunikatif

Nabi Muhammad dikaruniai sifat tabligh yang berarti menyampaikan. Apa yang diterima dari Allah swt. disampaikan kepada umatnya. Rasul tidak mengurangi sedikit pun perintah yang diterima dari Allah swt.

Penerapan seorang pebisnis haruslah belajar tentang teori marketing. Bagaimana cara komunikasi bisnis yang efektif?? Bagaimana mempergunakan bahasa promosi yang efisien dan tepat sasaran??

Al-Fathanah : Cerdas Membaca Peluang

Nabi Muhammad memiliki sifat fathanah yang berarti cerdas. Dalam menjalankan dakwah rasul sering menemui halangan dan rintangan. Halangan dan rintangan harus dihadapi dan dicarikan jalan keluarnya. Diperlukan kecerdasan dan kejernihan pikiran agar dapat keluar dari tantangan yang dihadapi. Oleh karena itu, Allah swt. mengaruniai nabi dan rasul-Nya sifat fatanah.

Penerapannya seorang pebisnis haruslah selalu meng-update informasi yang terbaru tentang perkembangan pasar, seorang pebisnis juga harus terus belajar meningkatkan inovas-inovasi terbarunya sehingga tak ketinggalan tren pasar yang saat ini selalu berubah-ubah.

 

Semoga bermanfaat ya teman-teman 🙂

 

Leave a Reply