Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

rambut rontok
Via Organic Facts

Memiliki rambut yang indah, kuat, dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Itu karena rambut bisa dibilang sebagai mahkota, tidak hanya bagi para wanita, melainkan juga bagi para pria. Hanya saya, rambut cukup rentan dengan berbagai masalah seperti ketombe ataupun masalah kerontokan pada rambut.

Kondisi rontoknya rambut bisa membuat penampilan menjai terganggu sehingga membuat oarang yang menderitanya menjadi kurang percaya diri berada di depan umum. Setiap orang tentu akan merasa risih apabila terlalu banyak helaian rambut yang menempel di sisir ketika mereka menyisir rambut.

Apakah Rambut Rontok Itu?

Rambut rontok meruapakan hal yang lumrah terjadi dan pasti akan dialami oleh semua orang. Rambut rontok ini ketika jumlah rambut pada kulit kepala kita mengalami penurunan. Kerontokan rambut ini masih dianggap sebagai hal yang normal apabila jumlah rambut yang rontok tidak lebih dari 100 helai.

Akan tetapi, jika jumlah rambut yang rontok mencapai lebih dari 100 helai rambut dalam satu hati, kemungkinan rambut sedang dalam kondisi yang kurang sehat. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang membat rontoknya rambut.

Penyebab Timbulnya Rambut Rontok

Rambut rontok
Via Hasson & Wong

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi kerontokan pada rambut secar alami, mari kit mengetahui terlebih dahulu berbagai sebab yang bisa menimbulkan kerontoka pada rambut ini. Berikut adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab dari kerontokan pada rambut.

1. Pengaruh Hormon

Hormon adalah salah satu hal yang paling berpengaruh terhadap kerontokan rambut. Hormon yang biasanya menjai penyebab utama rambut rontok adalah hormon DTH. Hormon ini muncul karena tingginya kadar hormon progesteron, estrogen, atau testosteron di dalam tubuh. Dengan adanya hormon DTH ini, membuat sel folikel pada rambut akan menjadi menyusut dan akibatnya rambut akan menjadi lebih mudah rontok.

2. Kekurangan Nutrisi

Faktor kurangnya nutrisi atau gizi di dalam tubuh juga bisa membuat rambut kita mudah rontok. Sel-sel folikel pada rambut dan kepala kita sangat memerlukan nutrisi yang cukup supaya tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, apabila tubuh kita kekurangan gizi, maka kulit kepala dan sel-sel folikel rambut juga akan kekurangan nutrisi, sehingga mengakibatkan mudah rontoknya rambut kita.

3. Pengaruh Bahan Kimia

Terlalu sering mewarnai rambut atau melakukan perawatan rambut di salon juga bisa mengakibatkan rambut kita mudah rontok. Rambut yang terlalu banyak terkena bahan kimia ketika mewarnai rambut atau melakukan perawatan rambut di salon akan membuat rambut menjadi lebih rapuh dan rentan patah.

4. Pengaruh Obat-Obatan

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa membuat rambut kita rentan patah dan mudah rontok. Beberapa obat-obatan yang memicu krontokan pada rambut biasanya adalah obat untuk penyakit arthritis, tekanan darah tinggi dan gangguan jantung.

5. Faktor Genetik

Apabila memiliki orangtua yang memiliki riwayat kebotakan pada rambutnya, maka kemungkinan besar Anda juga rentan terkena kerontokan pada rambut. Biasanya, naka laki-laki lebih rentan terserang dibangkan dengan anak perempuan.

6. Stress

Ketika Anda mengalami stress karena kebanyakan pikiran, maka sirkulasi darah yang berad di dalam tubuh akan menjadi terganggu. Apabila sirkulasi darah terganggu, otomasi kulit kepala serta sel folikel rambut akan kekurangan suplai oksigen sehingga mengakibatkan kulit kepala kekurangan nutrisi. Jika sudah demikian, maka rambut akan menjadi rapuh dan mudah rontok.

7. Bertambahnya Usia

Seiring usia yang mulai menua, maka akan semakin tipis pula sel folikel rambut kita, sehingga rambut akan menjadi lebih mudah patah. Kalau untuk faktor yang satu ini memang tidak bisa dihindari. Namun, Anda bisa memperkecil frekuensi kerontokan pada rambut dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, zat besi, zink, dan banyak vitamin.

7 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Makanan

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi merupakan cara yang paling udah dan sederhana untuk mengtasi kerontokan rambut. Ada beberapa makanan yang trnyata bisa membuat rambut kita menjaid lebih kuat, sehingga akan mengurangi terjadinya kerontokan pda rambut. Aapa sajakah makanan yang bisa mengatasi rambut rontok? Berikut di antaranya.

1. Susu

yogurt

Selain bisa memperkuat tulang, susu beserta produk-produk yang terbuat dari susu seperti keju dan yogurt bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi kerontokan rambut. Produk-produk dari susu memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, sementara protein tersebut adalah salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan oleh rambut.

Dengan mengkonsumsi protein, maka rambut kita kita pun akan menjadi lebih sehat, kuat, dan tidak mudah rontok. Protein juga sangat bermanfaat untuk memproduksi keratin yang merupakan komponen yang sangat penting untuk memperkuat struktur rambut kita.

2. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan

 

Berbagai macam kacang-kacangan mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Omega 3 ini adalah salah satu nutrisi yang bermanfaat utnuk memperkuat rambut kita.

Menurut sebuah studi yang pernah dikemukakan oleh Journal of Cosmetic Dermatology , sekitar 90% wanita yang secara rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 selama enam bulan megalaim penurunan jumlah rambut yang rontok.

3. Telur

Telur

Telur juga merupakan makana yang banyak mengandung protein, terutama pada bagian putihnya. Putih telur merupakan salah satu sumber protein tertinggi di anatara makanan lainnya. Sepeti yang dijelaskan di atas, bahwa protein bisa membuat struktur rambut menjadi lebih kuat.

Sementara itu, pada bagian kuningnya, telur juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yang akan membuat sirkulasi darah di area kulit kepala menjadi lebih lancar.

4. Kerang

Kerang

Apabila dibandingkan dengan makanan-makanan lainnya, kerang merupaka makanan yang mengandung zinc yang paling tinggi. Kandungan inilah yang membuat kerang sangat ampuh utuk mengatasi kerontokan pada rambut. Zinc merupakan salah satu mineral yang sangat berguna untuk memperkuat folikel rambut.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health menyimpulkan bahwa ika seseorang kekurangan zinc, maka risiko kerontokan rambut akan lebih besar dibanding orang dengan kadar zinc yang memadahi.

5. Ikan Salmon

ikan salmon

Di antara ikan-ikan lainnya, ikan salmon merupakan kan dengan kandungan protein yang laing tinggi. Sepeti yang dijelaskan di atas, bahwa protein bisa membuat struktur rambut menjadi lebih kuat.

Ikan salom juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang juga bermanfaat untuk membuat rambut menjadi lebih kuat. Selain itu, ikan salmon juga memiliki kalori yang rendah, sehingga Anda tidak perlu mengalami kelebihan berat badan jika mengkonsumsi ikan ini.

6. Sayur-Sayuran

Sayur Mayur

Sayur-sayuran merupakan salah satu makanan yang bisa menjadi menu makanan wajib bagi yang menginginkan tubuh yang sehat.Sayuran memiliki kandungan berbagai macam mineral yang bisa berguna untuk memperkuat rambut kita.

Sayuran juga mengandung serat dan vitamin yang membuat penyerapan nutrisi ke dalam tubuh mejadi lebih maksimal, sehingga kulit kepala akan mendapatkan pasokan nutrisi yang cukup dan rambut pun menjadi lebih kuat.

7. Buah-Buahan

Buah-buahan

Buah-buahan juga merupakan makanan yang bisa dikonsumsi untuk memperkuat rambut. Itu karena buah-buahan mengandung berbagai macam nutrisi dan mineral yang bisa membuat pasokan nutrisi ke kulit kepala menjaid lebih lancar, sehingga rambut akan menjadi lebih kuat dan tumbuh dengan sehat.

10 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Pengobatan Alami

Selain mengatasi kerontokan rambut dengan mengkonsumsi makanan, Anda bisa juga mengatasi msalah itu dengan menggunakan bahan-bahan alami atau herbal. Bahan-bahan herbal yang bisa digunakan merupakan bahan-bahan yang mudah didapat. Selain itu, bahan herbal juga sangat aman dan tidak akan menyebabkan efek samping. Berikut adalah beberapa bahan-bahan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

1. Lidah Buaya

lidah buaya

Lidah memiliki sifat eksfoliate yang bisa bermanfaat untuk mencegah penyumbatan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Apabila sudah demikian, maka kulit kepala akan mendapatkan nutrisi lebih maksimal. Lancarnya pasokan nutrisi ke kulit kepala sangat penting untuk memicu pertumbuhan rambut dan mencegak kerontokan rambut.

2. Bawang Merah

Bawang merah untuk mengatasi rambut rontok

Selain untuk bumbu masakan, bawang merah juga bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok seacra alami. Itu karena bwang merak memiliki kandungan sulfur yang tinggi yang bermanfaat untuk menguatkan folikel rambut , sehingga rambut akan menjadi tetap sehat.

Selain itu, bawang merah juga memiliki senyawa anti-bakteri yang mampu memusnahkan bakteri yang menyebabkan infeksi pada kulit kepala serta kerontokan pada rambut.

3. Bawang Putih

bawang putih untuk mengatasi rambut rontok

Selain bawang merah, bawang putih juga bisa digunakan sebagai bahan herbal untuk mengatasi rambut rontk. Dengan kandungan sulfur yang sangat tiggi, bawang putih bisa sangat bermanfaat untuj memperkuat sel folikel rambut serta membuat rambut menjadi semakin kuat dan tidak mudah rontok.

Bawang putih juga mengandung anti-bakteri yang mampu melumpuhkan berbagai bakteri yang mengakibatkan infeksi pada kulit kepala.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa untuk Mengatasi Rambut Rontok

Minyak kelapa adalah jenis minyak alami paling ampuh yang bsia digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Dengan kandungan asam lauric-nya, minyak kelapa bisa melumpuhkan segala jenis bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan infeksi pada sel folikel rambut.

Minyak kelapa juga akan menjaga kelembaban rambut secara alami sehingga rambut akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

5. Minyak Lavender

Minyak Lavender untuk Mengatasi Rambut Rontok

Selain minyak kelapa, minyak lavender yang notabene biasa digunakan sebagai aromaterapi ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Dengan kandungan anti-oksidan yang ada di dalamnya, akan lebih memicu proses tumbuhnya rambut.

Minyak lavender juga mengandung anti-septik yang mampu membaski segala kontaminan yang bisa menyebabkan infeksi pada kulit kepala. Untuk itu, selain bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok, minyak lavender juga bisa diapaki untuk menghilangkan ketombe secara alami.

6. Minyak Zaitun

Minya zaitun untuk mengatasi rambut rontok

Minyak zaitu juga meruapakn minyak alami yang bisa bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi rambut rontok. Minyak zaitun memiliki kandungan anti-oksidan yang cukup tinggi, serta kandungan vitamin E dan asam lemak tak jenuh yang kesemuanya bisa memberikan nutrisi pada rambut kita dan membuat rambut menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

7. Santan

Santan

Selain digunakan sebagai masakan, santan ternayat bisa juga digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Itu karena kandungan asam lemak omega 3-nya yag sangat tinggi. Para ahli sudah sepakat bahwa asam lemak omega 3 sangat berguna untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut serta akan menstimulus pertumbuhan ada rambut.

8. Madu

Madu Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Memiliki rambut yang indah, kuat, dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Itu karena rambut bisa dibilang sebagai mahkota, tidak hanya bagi para wanita, melainkan juga bagi para pria. HAnya saya, rambut cukup rentan dengan berbagai masalah seperti ketombe ataupun masalah kerontokan pada rambut. Kondisi rontoknya rambut bisa membuat penampilan menjai terganggu sehingga membuat oarang yang menderitanya menjadi kurang percaya diri berada di depan umum. Setiap orang tentu akan merasa risih apabila terlalu banyak helaian rambut yang menempel di sisir ketika mereka menyisir rambut. Apakah Rambut Rontok Itu? Rambut rontok meruapakan hal yang lumrah terjadi dan pasti akan dialami oleh semua orang. Rambut rontok ini ketika jumlah rambut pada kulit kepala kita mengalami penurunan. Kerontokan rambut ini masih dianggap sebagai hal yang normal apabila jumlah rambut yang rontok tidak lebih dari 100 helai. Akan tetapi, jika jumlah rambut yang rontok mencapai lebih dari 100 helai rambut dalam satu hati, kemungkinan rambut sedang dalam kondisi yang kurang sehat. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang membat rontoknya rambut. Penyebab Timbulnya Rambut Rontok Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi kerontokan pada rambut secar alami, mari kit mengetahui terlebih dahulu berbagai sebab yang bisa menimbulkan kerontoka pada rambut ini. Berikut adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab dari kerontokan pada rambut. 1. Pengaruh Hormon Hormon adalah salah satu hal yang paling berpengaruh terhadap kerontokan rambut. Hormon yang biasanya menjai penyebab utama rambut rontok adalah hormon DTH. Hormon ini muncul karena tingginya kadar hormon progesteron, estrogen, atau testosteron di dalam tubuh. Dengan adanya hormon DTH ini, membuat sel folikel pada rambut akan menjadi menyusut dan akibatnya rambut akan menjadi lebih mudah rontok. 2. Kekurangan Nutrisi Faktor kurangnya nutrisi atau gizi di dalam tubuh juga bisa membuat rambut kita mudah rontok. Sel-sel folikel pada rambut dan kepala kita sangat memerlukan nutrisi yang cukup supaya tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, apabila tubuh kita kekurangan gizi, maka kulit kepala dan sel-sel folikel rambut juga akan kekurangan nutrisi, sehingga mengakibatkan mudah rontoknya rambut kita. 3. Pengaruh Bahan Kimia Terlalu sering mewarnai rambut atau melakukan perawatan rambut di salon juga bisa mengakibatkan rambut kita mudah rontok. Rambut yang terlalu banyak terkena bahan kimia ketika mewarnai rambut atau melakukan perawatan rambut di salon akan membuat rambut menjadi lebih rapuh dan rentan patah. 4. Pengaruh Obat-Obatan Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa membuat rambut kita rentan patah dan mudah rontok. Beberapa obat-obatan yang memicu krontokan pada rambut biasanya adalah obat untuk penyakit arthritis, tekanan darah tinggi dan gangguan jantung. 5. Faktor Genetik Apabila memiliki orangtua yang memiliki riwayat kebotakan pada rambutnya, maka kemungkinan besar Anda juga rentan terkena kerontokan pada rambut. Biasanya, naka laki-laki lebih rentan terserang dibangkan dengan anak perempuan. 6. Stress Ketika Anda mengalami stress karena kebanyakan pikiran, maka sirkulasi darah yang berad di dalam tubuh akan menjadi terganggu. Apabila sirkulasi darah terganggu, otomasi kulit kepala serta sel folikel rambut akan kekurangan suplai oksigen sehingga mengakibatkan kulit kepala kekurangan nutrisi. Jika sudah demikian, maka rambut akan menjadi rapuh dan mudah rontok. 7. Bertambahnya Usia Seiring usia yang mulai menua, maka akan semakin tipis pula sel folikel rambut kita, sehingga rambut akan menjadi lebih mudah patah. Kalau untuk faktor yang satu ini memang tidak bisa dihindari. Namun, Anda bisa memperkecil frekuensi kerontokan pada rambut dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, zat besi, zink, dan banyak vitamin. 7 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Makanan Memperhatikan makanan yang dikonsumsi merupakan cara yang paling udah dan sederhana untuk mengtasi kerontokan rambut. Ada beberapa makanan yang trnyata bisa membuat rambut kita menjaid lebih kuat, sehingga akan mengurangi terjadinya kerontokan pda rambut. Aapa sajakah makanan yang bisa mengatasi rambut rontok? Berikut di antaranya. 1. Susu Selain bisa memperkuat tulang, susu beserta produk-produk yang terbuat dari susu seperti keju dan yogurt bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi kerontokan rambut. Produk-produk dari susu memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, sementara protein tersebut adalah salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan oleh rambut. Dengan mengkonsumsi protein, maka rambut kita kita pun akan menjadi lebih sehat, kuat, dan tidak mudah rontok. Protein juga sangat bermanfaat untuk memproduksi keratin yang merupakan komponen yang sangat penting untuk memperkuat struktur rambut kita. 2. Kacang-Kacangan Berbagai macam kacang-kacangan mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Omega 3 ini adalah salah satu nutrisi yang bermanfaat utnuk memperkuat rambut kita. Menurut sebuah studi yang pernah dikemukakan oleh Journal of Cosmetic Dermatology , sekitar 90% wanita yang secara rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 selama enam bulan megalaim penurunan jumlah rambut yang rontok. 3. Telur Telur juga merupakan makana yang banyak mengandung protein, terutama pada bagian putihnya. Putih telur merupakan salah satu sumber protein tertinggi di anatara makanan lainnya. Sepeti yang dijelaskan di atas, bahwa protein bisa membuat struktur rambut menjadi lebih kuat. Sementara itu, pada bagian kuningnya, telur juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yang akan membuat sirkulasi darah di area kulit kepala menjadi lebih lancar. 4. Kerang Apabila dibandingkan dengan makanan-makanan lainnya, kerang merupaka makanan yang mengandung zinc yang paling tinggi. Kandungan inilah yang membuat kerang sangat ampuh utuk mengatasi kerontokan pada rambut. Zinc merupakan salah satu mineral yang sangat berguna untuk memperkuat folikel rambut. Dalam studi yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health menyimpulkan bahwa ika seseorang kekurangan zinc, maka risiko kerontokan rambut akan lebih besar dibanding orang dengan kadar zinc yang memadahi. 5. Ikan Salmon Di antara ikan-ikan lainnya, ikan salmon merupakan kan dengan kandungan protein yang laing tinggi. Sepeti yang dijelaskan di atas, bahwa protein bisa membuat struktur rambut menjadi lebih kuat. Ikan salom juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang juga bermanfaat untuk membuat rambut menjadi lebih kuat. Selain itu, ikan salmon juga memiliki kalori yang rendah, sehingga Anda tidak perlu mengalami kelebihan berat badan jika mengkonsumsi ikan ini. 6. Sayur-Sayuran Sayur-sayuran merupakan salah satu makanan yang bisa menjadi menu makanan wajib bagi yang menginginkan tubuh yang sehat.Sayuran memiliki kandungan berbagai macam mineral yang bisa berguna untuk memperkuat rambut kita. Sayuran juga mengandung serat dan vitamin yang membuat penyerapan nutrisi ke dalam tubuh mejadi lebih maksimal, sehingga kulit kepala akan mendapatkan pasokan nutrisi yang cukup dan rambut pun menjadi lebih kuat. 7. Buah-Buahan Buah-buahan juga merupakan makanan yang bisa dikonsumsi untuk memperkuat rambut. Itu karena buah-buahan mengandung berbagai macam nutrisi dan mineral yang bisa membuat pasokan nutrisi ke kulit kepala menjaid lebih lancar, sehingga rambut akan menjadi lebih kuat dan tumbuh dengan sehat. 10 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Pengobatan Alami Selain mengatasi kerontokan rambut dengan mengkonsumsi makanan, Anda bisa juga mengatasi msalah itu dengan menggunakan bahan-bahan alami atau herbal. Bahan-bahan herbal yang bisa digunakan merupakan bahan-bahan yang mudah didapat. Selain itu, bahan herbal juga sangat aman dan tidak akan menyebabkan efek samping. Berikut adalah beberapa bahan-bahan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. 1. Lidah Buaya Lidah memiliki sifat eksfoliate yang bisa bermanfaat untuk mencegah penyumbatan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Apabila sudah demikian, maka kulit kepala akan mendapatkan nutrisi lebih maksimal. Lancarnya pasokan nutrisi ke kulit kepala sangat penting untuk memicu pertumbuhan rambut dan mencegak kerontokan rambut. 2. Bawang Merah Selain untuk bumbu masakan, bawang merah juga bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok seacra alami. Itu karena bwang merak memiliki kandungan sulfur yang tinggi yang bermanfaat untuk menguatkan folikel rambut , sehingga rambut akan menjadi tetap sehat. Selain itu, bawang merah juga memiliki senyawa anti-bakteri yang mampu memusnahkan bakteri yang menyebabkan infeksi pada kulit kepala serta kerontokan pada rambut. 3. Bawang Putih Selain bawang merah, bawang putih juga bisa digunakan sebagai bahan herbal untuk mengatasi rambut rontk. Dengan kandungan sulfur yang sangat tiggi, bawang putih bisa sangat bermanfaat untuj memperkuat sel folikel rambut serta membuat rambut menjadi semakin kuat dan tidak mudah rontok. Bawang putih juga mengandung anti-bakteri yang mampu melumpuhkan berbagai bakteri yang mengakibatkan infeksi pada kulit kepala. 4. Minyak Kelapa Minyak kelapa adalah jenis minyak alami paling ampuh yang bsia digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Dengan kandungan asam lauric-nya, minyak kelapa bisa melumpuhkan segala jenis bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan infeksi pada sel folikel rambut. Minyak kelapa juga akan menjaga kelembaban rambut secara alami sehingga rambut akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. 5. Minyak Lavender Selain minyak kelapa, minyak lavender yang notabene biasa digunakan sebagai aromaterapi ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Dengan kandungan anti-oksidan yang ada di dalamnya, akan lebih memicu proses tumbuhnya rambut. Minyak lavender juga mengandung anti-septik yang mampu membaski segala kontaminan yang bisa menyebabkan infeksi pada kulit kepala. Untuk itu, selain bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok, minyak lavender juga bisa diapaki untuk menghilangkan ketombe secara alami. 6. Minyak Zaitun Minyak zaitu juga meruapakn minyak alami yang bisa bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi rambut rontok. Minyak zaitun memiliki kandungan anti-oksidan yang cukup tinggi, serta kandungan vitamin E dan asam lemak tak jenuh yang kesemuanya bisa memberikan nutrisi pada rambut kita dan membuat rambut menjadi lebih kuat dari sebelumnya. 7. Santan Selain digunakan sebagai masakan, santan ternayat bisa juga digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Itu karena kandungan asam lemak omega 3-nya yag sangat tinggi. Para ahli sudah sepakat bahwa asam lemak omega 3 sangat berguna untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut serta akan menstimulus pertumbuhan ada rambut. 8. Madu Madu juga meruapakan bahan herbal yang bisa diapaki untuk emnguatkan rambut kita. Madu memang dikenal mengandung anti-bakteri yang bisa membaski bakteri-bakteri yang menyebabakan infeksi pada kulit kepala. 9. Teh Hijau Mencuci kulit kepala dengan air teh hijau juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi rambut rontok secara alami. Teh hijau mengandung anti-oksidan yang sangat tinggi yang bermanfaat untuk mengurangi kerontokan pada rambut dan memicu pertumbuhan rambut. Selain itu, teh hijau juga mengandung anti-bakteri yang mampu membasmi bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada rambut. 10. Buah Amla Buah yang juga dikenal dengan nama Indian Gooseberry ini juga merupakan salah satu bahan herbal yang bisa digunakan untuk meguatkan rambut. Itu karena buah amla memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dibandingkan yang lain. Sementara kekurangan vitaminc C bisa mengakibatkan timbulnya kerontokan pada rambut. Buah amla juga mengandung sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-oksidan, dan eksfoliate yang memiliki kegunaan untuk memperkuat rambut dan menghilangkan bakteri yang bisa mengiritasi sel folikel rambut kita. 3 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Kebiasaan dan Gaya Hidup Selain dengan makanan dan bahan-bahan alami, salah satu cara sederhana untuk menguatkan rambut dan mencegah rambut rontok adalah dengan menerapkan gaya hidup dan kebiasaan sehat. Bagi Anda yang ingin memiliki rambut yang lebih kuat dan sehat, berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. 1. Kendalikan Kadar Stress Terlalu banyak kegiatan sehari-hari mulai dari masalah pekerjaan, kesehatan, pendidikan, sampai masalah asmara, bisa membuat diri kita menjadi stress. Maka dari itu, sangatlah penting untuk mengendalikan kadar stress, karena seperti yang tertulis di atas bahwa stess bisa membuat rambut menjadi lebih mudah rontok. Ada banyak hal yang bisa Anda laukan untuk mengurangi stress, di anataranya seperti meditasi, madndi dengan air hangat, ataupun sekadar melakukan kegiatan yang sudah menjadi hobi Anda. Dengan lancarnya sirkulasi darah ke seluruh tubuh, maka tentu uit kepala juga akan mendaatkal suplai nutrisi yang mumpuni. Bila sudah demikian, maka tentu rambut akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. 2. Olahraga Mungkin terdengar agar kurang berkaitan, namun berolahraga secara rutin juga bisa membuat rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Hal ini karena ketika kita berolahraga otak kaan memproduksi hormon endorfin. Hormon ini memberikan rasa bahagia di dalam dirimu, sehingga stress yang diderita bisa menurun. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa dengan semakin menurunnya stress, maka sirkulasi darah ke seluruh tubuh menjadi lancar dan membuat rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. 3. Biarkan Rambut Kering Secara ALami Ketika Basah Banyak orang yang selesai mandi menggunakan hair dryer atau pengering rambut ketika mereka selesai mandi. Ada juga yang memilii kebiasaan mengusap kasar rambut yang masih basah dengan menggunakan handuk. Namun, yang perlu diketahui, hal itu ternyata bisa membuat rambut mudah rontok. Ketika menggunakan hari dryer, rambut akan menjadi panas. Ketika rambut terkena panas yang berlebihan itu, rambut lama-lama akan menipis dan membuat rambut akan menjadi mudah rontok. Rambut juga mudah rontok ketika dalam keadaan basah, maka jangan heran jika semakin keras Anda menggosok rambut dengan handuk rambut akan menjadi lebih mudah rontok. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan membiarkan rambut kering dengan sednirinya. Atau bisa juga dengan menutup bagian rambut dengan handuk setelah selesai mandi. Meski membutuhkan waktu yang relatif lebih lama, namun hal tersebut bisa mengatasi kerontokan pada rambut

Madu juga meruapakan bahan herbal yang bisa diapaki untuk emnguatkan rambut kita. Madu memang dikenal mengandung anti-bakteri yang bisa membaski bakteri-bakteri yang menyebabakan infeksi pada kulit kepala.

9. Teh Hijau

Teh hijau

Mencuci kulit kepala dengan air teh hijau juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi rambut rontok secara alami. Teh hijau mengandung anti-oksidan yang sangat tinggi yang bermanfaat untuk mengurangi kerontokan pada rambut dan memicu pertumbuhan rambut.

Selain itu, teh hijau juga mengandung anti-bakteri yang mampu membasmi bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada rambut.

10. Buah Amla

Buah Amla

Buah yang juga dikenal dengan nama Indian Gooseberry ini juga merupakan salah satu bahan herbal yang bisa digunakan untuk meguatkan rambut. Itu karena buah amla memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dibandingkan yang lain. Sementara kekurangan vitaminc C bisa mengakibatkan timbulnya kerontokan pada rambut.

Buah amla juga mengandung sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-oksidan, dan eksfoliate yang memiliki kegunaan untuk memperkuat rambut dan menghilangkan bakteri yang bisa mengiritasi sel folikel rambut kita.

3 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Kebiasaan dan Gaya Hidup

Selain dengan makanan dan bahan-bahan alami, salah satu cara yang paling sederhana untuk menguatkan rambut dan mencegah rambut menjadi rontok adalah dengan menerapkan gaya hidup dan kebiasaan sehat. Bagi Anda yang ingin memiliki rambut yang lebih kuat dan sehat, berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok.

1. Kendalikan Kadar Stress

Terlalu banyak kegiatan sehari-hari mulai dari masalah pekerjaan, kesehatan, pendidikan, sampai masalah asmara, bisa membuat diri kita menjadi stress. Maka dari itu, sangatlah penting untuk mengendalikan kadar stress, karena seperti yang tertulis di atas bahwa stess bisa membuat rambut menjadi lebih mudah rontok.

Ada banyak hal yang bisa Anda laukan untuk mengurangi stress, di anataranya seperti meditasi, madndi dengan air hangat, ataupun sekadar melakukan kegiatan yang sudah menjadi hobi Anda.

Dengan lancarnya sirkulasi darah ke seluruh tubuh, maka tentu uit kepala juga akan mendaatkal suplai nutrisi yang mumpuni. Bila sudah demikian, maka tentu rambut akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

2. Olahraga

Mungkin terdengar agar kurang berkaitan, namun berolahraga secara rutin juga bisa membuat rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Hal ini karena ketika kita berolahraga otak kaan memproduksi hormon endorfin. Hormon ini memberikan rasa bahagia di dalam dirimu, sehingga stress yang diderita bisa menurun.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa dengan semakin menurunnya stress, maka sirkulasi darah ke seluruh tubuh menjadi lancar dan membuat rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

3. Biarkan Rambut Kering Secara ALami Ketika Basah

Banyak orang yang setelah selesai mandi menggunakan hair dryer atau pengering rambut untuk mengeringkan rambutnya. Ada juga yang memilii kebiasaan mengusap kasar rambut yang masih basah dengan menggunakan handuk.

Namun, yang perlu diketahui, hal itu ternyata bisa membuat rambut mudah rontok. Ketika menggunakan hair dryer, rambut akan menjadi panas. Ketika rambut terkena panas yang berlebihan itu, rambut lama-lama akan menipis dan membuat rambut akan menjadi mudah rontok.

Rambut juga mudah rontok ketika dalam keadaan basah, maka jangan heran jika semakin keras Anda menggosok rambut dengan handuk rambut akan menjadi lebih mudah rontok.

Satu-satunya hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan membiarkan rambut kering dengan sednirinya. Atau bisa juga dengan menutup bagian rambut