Ini kelebihan bahasa pemrograman KOTLIN

logo kotlin

Bersumber dari media online Tech in Asia Indonesia yang meruakan sebuah liputan dari acara  Tech in Asia Product Development Conference 2017 yang berlangsung pada tanggal 9-10 Agustus 2017.

Google resmi mengumumkan masuknya KOTLIN sebagai salah satu bahasa pemrograman resmi untuk Android, pada bulan Mei 2017 dalam event Google I/O 2017 kemarin.

Para developer yang telah mencoba menggunakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh JetBrains tersebut menyabut gembira atas pengumuman Google.

Pasalnya banyak kemudahan dalam menggunakan bahasa pemrograman KOTLIN, diantaranya datang dari Associate Mobile Developer GO-JEK, Budi Oktavian Suryanto.

Menurut Budi Oktaviyan Suryanto, Associate Mobile Developer di GO-JEK, Kotlin merupakan bahasa yang lebih sederhana dibanding Java. Deskripsi variabel yang sebelumnya bisa mencapai beberapa baris, kini menjadi hanya satu baris.

Dalam menangani sebuah bentuk error yang bernama Null Pointer Exception, KOTLIN memunyai keunggulan. Di ungkapkan Sidiq, Google Developer Expert untuk Android “Hal ini dimungkinkan karena Kotlin memeriksa error tersebut saat compilation time, bukan pada saat run time seperti bahasa pemrograman lain,”

Sidiq pun menyatakan kalau bahasa pemrograman ini telah mendukung library dari bahasa pemrograman Java. Oleh karena itu, para developer tidak perlu ragu untuk mengubah sebuah produk lama yang dibuat dengan Java, menjadi berbasis Kotlin.

JetBrains, pengembang dari Kotlin, pun telah menyiapkan beberapa bantuan untuk para developer. Salah satu contohnya adalah dengan kehadiran rekomendasi syntax, yang membuat para developer tidak perlu menghafal semua syntax tersebut.

 

Tertarik untuk mencoba men-devlope aplikasi Android menggunakan kotlin ?

Itulah ulasan tentang kemudahan bahasa pemrograman kotlin baru yang resmi di umumkan oleh google, sebagai salah satu bahasa pemrograman resmi untuk android.

Source: TechInAsia

Leave a Reply