Hindari Jasa Konsultan Online Marketing Abal-Abal, Begini Caranya!

Jika Anda seorang wirausahawan yang ingin mengembangkan bisnis Anda dalam dunia online marketing. Maka Anda harus selalu mencari nasihat kepada orang-orang yang faham di bidang online marketing.

Namun Anda mungkin tidak memiliki waktu ekstra untuk mencari tahu di mana Anda harus menemukan orang – orang itu.

Menggunakan jasa konsultan online marketing adalah cara tercepat dan termudah untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Memilih Jasa Konsultan Online Marketing

Memilih Jasa Konsultan Online Marketing

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa internet dipenuhi dengan informasi – tetapi hanya sebagian yang akurat. Sisanya berkisar dari opini yang tidak didukung fakta dan berita palsu.

Begitu banyak blog, artikel, ebook, dan webinar dari orang yang mengklaim sebagai pemasar digital paling berpengalaman.

Lalu bagaimana cara Anda bisa membedakannya mana yang berpengalaman dan yang tidak?

Mungkin membingungkan untuk mengetahui siapa yang harus didengarkan dan siapa yang harus diabaikan. Berikut adalah beberapa cara agar Anda terhindar dari jasa konsultan online marketing abal-abal.

1. Memahami Bisnis Anda

pastikan bahwa mereka dapat memahami bisnis Anda dengan baik.

Agar Anda tidak salah dalam memilih konsultan digital marketing, Anda harus pastikan bahwa mereka dapat memahami bisnis Anda dengan baik.

Sehebat apapun gelar kehormatan seorang digital marketer, namun jika tidak dapat memahami bisnis Anda dengan baik, maka akan percuma saja.

Konsultan digital marketing memiliki sifat yang idealis, yakni bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemasaran digital perusahaan Anda sebelum memberikan dampak secara langsung ke bisnis.

Mungkin Anda akan menemui penyedia jasa pemasaran online yang bertipe “yes man”, namun itu dapat dipastikan bukan konsultan digital marketing. Agen periklanan dan agen kreatif akan bertindak sesuai dengan apa yang anda minta mereka kerjakan.Sedangkan konsultan digital marketing akan bekerja secara independen untuk memberikan saran dan strategi terbaik untuk Anda.

2. Pengalaman

Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah pengalaman dari jasa konsultan tersebut.

Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah pengalaman.

Lihat atau tanyakan bisnis / brand / apa saja yang pernah mereka kerjakan. Cari testimonial terhadap pekerjaan mereka. Lantas, pertimbangkan apakah konsultan tersebut akan cocok dalam meng-handle digital marketing perusahaan Anda atau tidak.

Pengalaman praktis yang luas di berbagai industri adalah pertanda bagus bahwa mereka memiliki keahlian strategis yang diperlukan untuk memberikan dorongan besar bagi bisnis Anda, dan bahwa keterampilan mereka telah dicoba, diuji, dan dibuktikan.

3. Mereka Mengerti Pemasaran Digital

Anda harus memastikan konsultan pemasaran Anda harus benar-benar memahami pemasaran digital dan potensinya.

Anda harus memastikan konsultan pemasaran Anda harus benar-benar memahami pemasaran digital dan potensinya.

Dengan pemahaman yang baik dibidang ini, konsultan digital marketing dapat secara cepat merumuskan strategi dan taktik yang akan digunakan. Anda akan mendapatkan saran awal dari konsultan digital marketing untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Dalam hal ini, tujuan digital marketing Anda harus jelas dan realistis. Apakah ingin lebih banyak lalu lintas ke situs web perusahaan? Perlu meningkatkan keterlibatan pelanggan? Atau Anda ingin langsung menghasilkan lebih banyak penjualan?.

Konsultan digital marketing tentu dapat mengakomodir apapun tujuan Anda dalam berdigital marketing, akan tetapi Anda harus siap penuhi syarat untuk dapat menjadi realistis.

Jadi, sebelum Anda menjalin komitmen dengan konsultan pemasaran, pastikan Anda mengetahui tingkat keahlian digital marketing mereka. Ada banyak penipu di luar sana, jadi pastikan konsultan Anda dapat mendukung keahlian mereka dengan hasil yang konkret.

4. Lihat Profil LinkedIn Mereka

Lihat Profil LinkedIn mereka

LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk menemukan pekerjaan yang tepat, menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional.

Akibatnya, pemasar bereputasi mana pun harus aktif di LinkedIn dan memiliki profil LinkedIn yang fantastis yang sama menariknya dengan situs web mereka – lagipula, jika mereka tidak dapat menjual diri mereka sendiri, bagaimana mereka dimaksudkan untuk menjual produk atau jasa Anda?

Selain menjadi indikator yang baik tentang kemampuan mereka untuk memasarkan dan menjual diri mereka sendiri, Rekomendasi LinkedIn juga memberi Anda kesempatan lain untuk melihat apa yang dikatakan klien dan rekan sebelumnya tentang konsultan pemasaran tersebut.

Rekomendasi LinkedIn bisa lebih asli daripada testimonial, karena tidak diedit dan dikaitkan dengan seseorang. Mereka juga cenderung berasal dari rekan kerja profesional yang benar-benar memahami apa yang mereka bicarakan, dibandingkan dengan klien yang mungkin tidak memiliki tingkat wawasan yang sama.

5. Review, Referensi dan Testimoni Klien

Jangan hanya melihat rekomendasi mereka di LinkedIn. Cari juga ulasan yang mencakup sejarah mereka, visi-misi mereka.

Anda juga dapat meminta referensi secara langsung dan menghubungi perusahaan yang terdaftar di situs web perusahaan jasa konsultan pemasaran tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang kemampuan mereka. 

Anda juga dapat memeriksa kredibilitas dari konsultan pemasaran tersebut dengan meminta referensi dari rekan kerja tepercaya berdasarkan pengalaman mereka sendiri menggunakan jasa mereka.

Semakin banyak referensi yang Anda dapatkan, semakin baik pemahaman Anda tentang keahlian dan kredibilitas konsultan pemasaran tersebut.

6. Membaca Konten Mereka

Konten merupakan cara tebaik untuk pemasaran digital

Hari-hari ini, pemasar yang baik harus memiliki blog aktif atau bentuk konten online lainnya.

Konten bukan hanya cara yang bagus bagi pemasar untuk menghasilkan prospek, tetapi juga memungkinkan calon pelanggan mengenal secara tidak langsung keahlian dan kemampuan mereka.

Konten online mereka akan menunjukkan pendekatan mereka terhadap berbagai aspek pemasaran, dan juga akan memberi Anda kesempatan untuk mengukur kemampuan, pemahaman, dan pengetahuan mereka, serta wawasan tambahan tentang apa yang mereka pikirkan tentang berbagai teknik pemasaran.

Anda juga perlu mendaftar ke buletin email mereka. Email adalah perpaduan sempurna antara teks penjualan dan konten, sehingga akan memberi Anda gambaran mendalam tentang teknik pemasaran mereka.

Menentukan pilihan penyedia jasa konsultan online marketing ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan, sebab banyak dari mereka yang abal-abal.

Dengan mengikuti tips cara memilih jasa konsultan online marketing yang telah dijelaskan di atas merupakan cara paling tepat untuk dilakukan agar terhidar dari hal yang tidak diinginkan. Bagikan juga pengalaman Anda di kolom komentar, untuk menambah wawasan kita mengenai topik ini. terimakasih.

Leave a Reply