7 Cara Pengembangan Diri Untuk Bisnis

7 Cara untuk Pengembangan Diri Di Bisnis

 

 

 

Untuk dapat terus bersaing dalam dunia penjualan, kita harus berusaha untuk terus mengembangkan diri agar kita dapat mencapai volume penjualan yang kita harapakan sebelumnya.

Tingginya persaingan di dalam dunia penjualan memerlukan pribadi-pribadi yang tangguh dan tahan banting serta berwawasan luas untuk dapat bertahan.

Apa saja yang harus kita kembangkan di dalam diri kita?

Yuuk, teman-teman kita pelajarin bersama tentang pengembangan diri untuk Menjadi Seles kelas dunia seperti :

Joe Girrard

Inilah salah satu orang yang paling menginspirasi saya dalam penjualan.
Joe girard = Terdaftar di “The Guinness Book of World Records” selama 12 tahun berturut-turut sebagai salesman mobil. Hingga tiap sabtu pagi ratusan orang akan datang ke dealer Joes Girards untuk membeli mobil. Amazing! Joe menjual rata-rata 6 mobil sehari-hari, sepanjang karirnya.

Ok kembali ke laptop, Joe Girard adalah pria keturunan sisilia yang lahir di Detroit, Michigan Amerika Serikat. Kota yang juga melahirkan Joe Louis mantan juara dunia kelas berat.

Pada usia 16 tahun Joe bekerja paruh waktu sebagai penjual kompor, pernah juga bekerja sebagai asisten penjual sayur dan buah, bergabung dengan US Army Infantry. Dan pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain yang tidak memuaskan. Frustasi, patah semangat, kehilangan kepercayaan diri sempat membuatnya limbung. Berawal dari pertemuannya dengan Bp Ibrahim Saperstein Joe akhirnya menemukan jati dirinya. Dan dia yakin ada satu tempat didunia ini buat si mantap Joe.

Joe Girard pria kelahiran Detroit, Michigan ini akhirnya mencatatkan namanya didalam Guinness Book of World Records sebagai penjual mobil nomor wahid didunia. Dan beliau diberi gelar “The World Greatest Salesman”.

Rekornya menjual mobil secara personil atau eceran dalam satu tahun hingga saat ini belum terpecahkan, entah sampai kapan mungkin menunggu anda memecahkannya. Joe Girard menjual mobil di Detroit Amerika Serikat sekitar tahun 60-an dan rekornya adalah 1.425 buah mobil dalam satu tahun. Fantastis, bombastis dan fenomenal.

Disaat salesman-salesman lain hanya menjual 4-5 mobil per bulan si mantap Joe bisa menjual 4-5 buah mobil per hari. Dan selama berkarir dia sudah menjual 13.001 mobil baru secara personil atau eceran. Mobil-mobil tersebut dijualnya sendiri tanpa bantuan sales lain. Wow… . Joe Girard adalah manusia langka yang benar-benar inspirasional seperti yang diakui oleh harvard business school.

1. Tanggung Jawab

Sebagai seorang sales, kita harus terus mengembangkan diri untuk bertanggung jawab, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap setiap tugas yang diserahkan kepada kita. Tanggung jawab ini juga berlaku penuh atas setiap rencana penjualan yang kita buat dan hasilnya yang akan kita dapatkan dengan rencana tersebut

2. Padangan Pribadi

Mengubah cara pandang pribadi terhadap tugas yang dibebankan kepada kita  juga merupakan suatu cara yang harus kita lakukan untuk mengembangkan diri. Jika kita mau mengubah cara pandang dan menganggap diri kita sebagai pemilik usaha, ternyata hal itu mampu membuat kita mencapai hasil maksimal.

Dengan menganggap diri kita sebagai pekerja untuk diri sendiri, maka kita akan mampu memutuskan yang terbaik. Dan biasanya hasil yang kita dapatkan sesuai dengan yang kita harapan.

3. Kesehatan Mental

Kesehatan mental sangatlah penting untuk terus dijaga dan dikembangkan. Tantangan yang kita hadapi sebagai tenaga-tenaga sales yang handal membutuhkan kesehatan mental yang sangat tangguh. Dengan cara ini maka kita kaan terus dapat melangkah di dunia penjualan yang sangat kompetitif.

Kesehatan mental yang baik akan membuat kita mampu berpikir jernih, tidak mudah putus asa dan selalu berpikiran positif. Cara mengembangkan kesehatan mental adalah dengan rajin berdoa, bersyukur, atas apa yang telah kita capai, selalu berpikir positif serta berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang kita lakukan.

4. Semangat Belajar

Mengembangkan diri berarti belajar tanpa henti. Banyak diantara kita yang bersikap pasif dan hanya menunggu perintah dari atasan. Padahal jika kita mau lebih banyak belajar, kita akan mendapatkan lebih banyak hal positif di dalam kehidupan kita.

Belajar bisa dilakukan dengan cara banyak membaca, mengikutin berbagai seminar tentang pengembangan diri dan berani bersikap aktif.

Salah satu cara bersikap aktif asalah berani mengambil tanggung jawab lebih atas berbagai kegiatan yang kita sukai. Semakin banyak kita belajar maka semakin banyak pula keberhasilan yang bisa kita raih, baik keberhasilan dalam karir sebagai tenaga selas maupun dalam aspek kehidupan kita secara keseluruhan. Dan keberhasilan ini pastilah akan segera diikuti dengan pemenuhan akan meteri yang lebih banyak dari yang kita dapatkan sebelumnya.

5. Siap Bekerja Keras

Orang-orang yang malas adalah orang-orang yang tidak mau mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya. Begitu pula dengan sales. Para sales yang sukses adalah mereka yang siap bekerja lebih keras dari pada orang kebanyakan. Tidak ada yang namanya orang beruntung yang sukses, namun orang yang siap bekerja keraslah yang akan mencapai puncak kesuksesan.

6. Pemanfaatan Waktu yang Sefektif Mungkin

Menurut survei dilapangan yang selama ini saya perhatikan, rata-rata para sales menyia-nyiakan lima puluh persen wkatu mereka dengan kegiatan yang tidak menghasilkan. Mereka sering datang terlambat, bekerja lebih lambat dan pulang lebih awal. Belum lagi keberadaan merekam yang lebih banyak dilapangan dan jauh diluar kontrol perusahaan membuat mereka bisa beristirahat sesuka mereka diluar jam istirahat yang sudah ditentukan pihak perusahaan.

Mengembangkan diri dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin merupakan salah satu kunci kesuksesan yang telah dibuktikan oleh para selas yang berhasil mencapai angka penjualan spektakuler.

Mereka memanfaatkan waktu mereka seefektif mungkin. Mereka datang lebih awal, bekerja lebih keras dan membuat setiap menit yang mereka miliki menajdi begitu berharga

7. Semangat Pantang Menyerah

Menjadi pribadi yang tangguh, yang tidak gampang menyerah, memerlukan latihan dan usaha yang keras. Semakin sering kita mengalami kegagalan, penolakan dan hinaan dan kita kembali bangkit setelahnya, maka kita akan terbentuk menjadi pribadi yang memiliki semangat yang pantang menyerah.

Dengan terus mengembangkan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu, maka kesuksesan tidak lagi menjadi sesuatu yang sulit untuk kita dapatkan.

Banyak membaca adalah kunci utama dalam mengembangkan diri kita melalui pengetahuan dan wawasan yang semakin kaya. Banyak mendengarkan dan banyak berinteraksi dengan lingkungan sosial membuat kita menjadi pribadi yang memiliki empati dan tenggang rasa yang tinggi.

” Teruslah mengembangkan diri dan lihatlah sendiri hasil yang dapat dinikmati “

Leave a Reply