Cara Diet Mayo yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Menu Makanan Diet Mayo

Setiap orang, khususnya dari kaum wanita, pasti selalu menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Bagi kalangan wanita, memiliki berat badan yang ideal bisa menambah kepercayaan diri. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal sesuai dengan yang mereka inginkan, banyak cara yang ditempuh oleh mereka. Itu semua agar mereka tetap tampil cantik dalam kesehariannya.

Di zaman sekarang ini, banyak orang yang rela untuk mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar hanya untuk terlihat menarik dengan bentuh tubuh yang ideal. Padahal untuk mewujudkan keinginan mereka itu, mereka hanya perlu lebih disiplin dalam melaksanakan program diet mereka. Seperti rutin mengkonsumi makanan-makanan yang sehat dan tetap berolahraga.

Salah satu jenis diet yang cukup populer untuk dipraktikkan dan bahkan sempat menjadi trend di Indonesia dalah diet mayo. Seperti halnya diet-diet yang lain, program diet ini juga merupakan pengaturan pola makan dengan tujuan mengurangi berat badan serta menghasilkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Diet mayo ini telah dibuktikan efektifitasnya dalam mengurangi berat badan hingga 13 kg dalam 13 hari.

Apakah yang Dimaksud Diet Mayo itu?

Diet mayo merupakan sebuah program diet yang bersumber pada buku diet berjudul “The Mayo Clinic diet” yang terbit pada tahun 1949 oleh Mayo Clinic di Amerika Serikat. Diet mayo ini dapat dilakukan dengan oleh setiap orang dengan cara mengkonsumsi makanan maupun minuman yang di dalamnya tidak mengandung garam. Oleh perusahaan Mayo Clinic tersebut, mereka memperkenalkan metode mereka ini dan mengklaim bisa mengurangi berat badan 7 sampai 13 kg dalam waktu kurang dari dua pekan.

Setelah menjadi populer di negara asalnya, Amerika Serikat, metode penurunan badan dengan cara ini kemudian membuat banyak masyarakat di berbagai negara tertarik da mempraktikan diet mayo ini, tidak ketinggalan pula masyarakat yang ada di Indonesia, khsusunya dari kaum wanitanya. Mereka tertarik karena ingin menurunkan berat badan mereka dengan cepat dan praktis. Diet dengan metode ini juga tidak perlu harus berlapar-lapar seperti ketika mempraktikkan diet dengan cara OCD.

Dalam prgram diet mayo ini, Anda disarankan untuk lebih banayk mengkonsumsi air putih atau air mineral minimal delapan gelas setiap harinya. Banyaknya air yang masuk akan berguna untuk mengeluarkan garam-garam yang terdapat di dalam tubuh kita. Jadi, ketika menjalankan diet mayo ii nselama 13 hari, garam tersebut akan dikeluarkan melalui urin dan feses.

Dengan seiring berkurangnya kandungan garam dalam tubuh, berat badan pun akan perlahan berkurang. Itu karena air tersebut tidak akan lagi tertimbun apabila garam-garam yang ada di dalam tubuh telah hilang atau sudah diminimalkan.

Menurut penelitian yang sebelumnya telah dilakukan, berat badan seseorang yang menjalankan diet mayo ini bisa efektif menurunkan berat badannya. Diet mayo ini adalah salah satu metode diet yang terkenal cepat dan paling efektif dalam menurunan berat badan seseorang.

Mengapa Anda Harus Melakukan Program Diet Mayo

Ada beberapa kelebihan yang bisa membuat Anda memilih untuk mengikuti diet mayo ini, misalnya:
1. Program diet mayo ini dikembangkan oleh ahli kesehatan dunia serta telah terbukti dalam mengatasi berat badan.
2. Anda bisa menikmati jumlah makanan dalam jumlah yang tidak terbatas, selama makanan tersebut memang akanan yang telah direkomendasikan sebelumnya, seperti sayuran dan buah-buahan yang tak terbtas jumlahnya.
3. Diet mayo ini mampu menghilangkan kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat serta mengkonsumsi makana yang tidak sehat pula.
4. Mampu meningkatkan kesehatan Anda dan mengurangi risiko penyaikit yang mungkin bisa menyerang Anda.
5. Diet ini merupakan diet yang bisa diapaki untuk seumur hidup.
6. Diet ini tidak terlalu peduli tentang hitungan jumlah kalori atau gram lemak.
7. Diet ini bisa membuat Anda terhindar dari risiko berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes dan gangguan tidur.

Makanan Diet Mayo

Cara Diet Mayo

Metode yang digunakan dalam diet mayo ini tidaklah terlalu rumit, bahkan cenderung mudah, yaitu hanya dengan mengatur pola makan dan minum selama 13 hari. Hal yang paling penting dalam diet mayo adalah mengendalika tubuh untuk tidak mengkonsumsi makan atau minuman yang mengandung garam aya yodium. Meskipun sangat dibutuhkan oleh tubuh, zat yodium menjadi sesuatu yang haram atau sesuatu yang sangat tidak dipekenankan untuk dikonsumsi dalam metode diet ini.

Mayo Clinic sebagai pencetus diet ini ttidak hanya menetapkan hari, melainkan menetap pula makanan dan minuma yang bisa dikonsumse selam melakukan diet mayo. Mayo Clinic juga menyarankan untuk melaksakan diet ini maksimal dua atau satu periode saja setiap satu tahunnya. Ini dilakuka supaaya tubuh tidak akan kehilangan zat yodium secara total atau terlalu banyak, karena secara medis, zat yodium ini berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh kita.

Metode Diet Mayo yang Benar

Untuk mendapatkan hasil diet yang efektif dan maksimal, kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimanakah cara atau metode yang baik dan benar. Sebagai panduan, berikut adalah ha-hal yang harus diperhatikan sebelum praktik diet mayo.

1. Menguatkan niat

Niat adalah pondasi setiap hal yang akan kita lakukan. Tanpa disertai degan niat yang kuat, seseorang tidan akan mampu mempraktikkan sesuatu hal apa pun secara maksimal, termasuk pula dengan program dit mayo ini.

Pengertian niat ini yaitu yang berkaitan dengan persiapan mental kita dalam pelaksanaan untuk mengkonsumsi menu makan diet mayo yang mungkin sebelumnya tidak pernah dicoba sebeumnya, bahkan mungkin kita sangat membenci makanan tersebut. Dengan niat yang kuat dan bulatm segala keinginan yang akan kita lakukan pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Disiplin

Untuk bisa melaksanakan program diet mayo ini, setiap orang harus memiliki kedisiplinan yang tinggi. Karena seperti halnya diet-diet sehat dan alami yang lain, program diet mayo ini memerlukan kedisilinan pada diri sendiri. Disiplin yang diperlukan dalam diet ini yaitu berkenaan dengan jadwal dan menu makanan.

Sekali saja melanggarpantangan dalam diet ini, maka usaha untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang ideal akan menjadi percuma dan harus mengulangnya dari awal lagi.

3. Menentukan Jadwal Hari dan Menu Makanan

Sebelum memulai program diet mayo ini, yang harus diperhatikan adalah penetapan jadwal dan menu makanan atau minuman yang akan dikonsumsi selama program diet berlangsung. Misalnya, bial menetapkan untuk memulai diet mayo pada tanggal 1 September, maka harus dibuat pula jadwal program diet sampai dengan tanggal 13 September.

Selain itu, ditambahkan juga makanan apa saja yang akan dikonsumsi pada setiap harinya, yang pasti makanan tersebut sesuai dengan aturan dasar diet mayo, yakni makanan tersebut tidak mengandung garam atau zat yodium.

Dalam menetapkan makanan apa saja yang bisa kita konsum selama program diet berlangsung, berikut adalah contoh menu makanan diet mayo yang bisa digunakan. Menu makanan ini bisa Anda ubah sesuai dengan selera Anda masing-masing.

Menu Makanan Diet Mayo

Berikut adalah contoh catatan komitmen dan menu makanan ketika menjalankan program diet mayo ini. Anda bisa mengaturnya sendiri sesuai dengan kemampuan Anda, asalkan tentunya tidak terlalu melenceng dari panduan yang telah dietntukan sebelumnya.

Waktu : Tanggal 1-13 September (13 hari)
Pantangan : Garam dan minuman dingin seperti es krim, es teh, dan sebagainya.
Wajib : Minum air putuh minimal delapan gelas atau dua liter dalam satu hari
Pelaksanaan : satu kali dalam satu tahun

Catatan Ketika Sedang Menajalankan Diet Mayo

1. Apabila LUPA makan makanan lain atau menyimpang dari pantangan diet mayo ini, DIET HARUS DIULANGI LAGI DARI AWAL.
2. Makan malam terakhir pukul 18.00.1. Daun selada harus ddimakan mentah-mentah
3. Untuk sayuran, semisal bayam atau kangkung, jangan terlalu lama dalam proses memasaknya dan pastikan tidak menambahkan garam ke dalamnya.
4. Daging bistik tanpa garam (tawar) disarankan untuk menggoreng menggunakan Denish butter.
5. Menjalani program diet di rumah saja lebih dianjurkan karena salah satu efek samping diet ini adalah bisa menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil, bisa sampai delapan klai dalam sehari.
6. Ketika menjalan profram diet ini, Anda tidak terlalu takut berat badan akan turun sangat banyak, karena diet ini hanya menghilangkan lemaknya.

Dikutip dari situs resmi Mayo Clinic, berikut adalah menu makanan yang bisa dipakai.

Menu Pagi Hari

Hari 1 dan 8 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir
Hari 2 dan 9 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir
Hari 3 dan 10 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir
Hari 4 dan 11 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir + sepotongh roti bakar
Hari 5 dan 12 : sebuah wortel besar mentah yang diparut dan ditaburi jeruk citrun
Hari 6 dan 11 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir + sepotongh roti bakar
Hari 7 : secangkir kopi/teh tanpa gula

Menu Siang Hari

Hari 1 dan 8 : 2 butir telur rebus + 1 ikat bayam + 1 buah tomat
Hari 2 dan 9 : 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada + 1 buah segar
Hari 3 dan 10 : 2 butir telur rebus + 1 ikat bayam + tomat + 1 buah segar
Hari 4 dan 11 : 1 butir telur rebus + 1 wortel yang direbus sebentar + keju trim 20gr
Hari 5 dan 12 : 2,5 ons ayam kukus ditambah sedikit saus mentega yang tidak asin
Hari 6 dan 13 : 2,5 ons ayam kukus + selada dengan jeruk citrun
Hari 7 : 1,5 ons bistik goreng + 1 buah segar

Menu Malam Hari

Hari 1 dan 8 : 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada dengan jeruk citrun
Hari 2 dan 9 : 2,5 ons ayam kukus + 1 pisang
Hari 3 dan 10 : 2,5 ons ayam kukus + selada dengan jeruk citrun
Hari 4 dan 11 : pepaya satu mangkok penuh dengan jeruk citrun + 1 gelas susu rendah lemak
Hari 5 dan 12 : 2,5 ons bistik goreng/rebus + selada + seikat bayam
Hari 6 dan 13 : 2 butir telur rebus + wortel besar parut mentah dengan citrun
Hari 7 : 2 butir telur rebus + 2 pisang

Tips Tambahan Agar Diet Mayo Lebih Maksimal

Ada beberapa hal lagi yang bsia dipraktikkan untuk semakin memaksimalkan program diet mayo ini, berikut di antaranya.

1. Pikirkan Alasan yang Jelas

Mengapa harus diet mayo? Mengapa Anda ingin melakukannya? Seperti yang sudah ditulis di atas, kita harus mempunyai niat atau yang kuat agar diet yang kita lakukan tidak berhenti di tengah jalan.

Anda harus mempunyai alasan yang mengapa Anda melakukannya, misalnya agar Anda bisa terhindar dari penyakit atau yang semisalnya. Dengan alasan yang kuat tersebut, maka Anda akan bisa lebih mudah untuk setidaknya menyelsaikan program diet mayo.

2. Bersikap Realistis

Selam program diet mayo ini berlangsung, bukan berarti Anda akan mencoba menforsir tubuh Anda dengan berusaha untuk menurunkan berat badan sebanyak-banyaknya dalam waktu 13 hari itu. Cobalah bersikap lebih realistis dan memiliki harapan yang terlalu tinggi.

Tujuan diet mayo ini bukanlah semata-semata untuk mengurangi beradt badan Anda sebanyak-banyaknya, melainkan mengatur berat badan supaya tubuh tetap ideal dan sehat.

3. Hanya Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Anda bisa berkonsultasi kepada ahli gizi mengenai makanan apa saja yang benar-benar sesuai dengan program diet mayo yang sedang Anda lakukan. Tetap usahakan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan juga biji-bijian. Akan lebih baik lagi untuk mengkonsui makanan yang dukukus, dipanggang atau dibakar yang tidak menggunakan minya. Jangan pula memakan berbagai makanan yang mengandung garam.

4. Diimbangi dengan Olahraga

Program diet apa pun, termasuk diet mayo, tidak akan mampu menghasilkan hasil yang maksimal apabila Anda tidak mengimbanginya dengan tetap berolahraga. Apabila kita sudah memiliki jadwal hari dan menu makanan diet yang teratur, maka selanjutnya bsa ditambah lagi dengan tetap berolahraga rutin.

Bagaimana Cara Kerja Diet Mayo Ini?

Fase Pertama: Lose it!

Diet ini dirancang untuk membantu mengurangi berat badan Anda hingga mencapai 6 sampai 13 kilogram dalam jangka waktu kurang dari dua pekan dengan cara yang yang aman dan sehat. Anda akan belajar membiasakan hal-hal yang baik untuk membantu hidup Anda.

Selain itu, Anda juga akan belajar meninggalkan kebiasaan buruk dengan mengurangi mengkonsumsi makanan-makanan yang kurang sehat.

Pada fase ini ini, lima kebiasaan sehat yang haru dilakukan adalah:
1. Sarapan yang sehat
2. Olahraga teratur selama 30 menit dalam satu hari
3. Mengkonsumi sayur-mayur dan buah-buahan
4. Mengkonsuki gandung
5. Menggunakan minyak yang lebih sehat seperti misalnya minyak zaitun

Sebaliknya, Anda juga harus meninggalkan lima kebiasan buruk seperti:
1. Makan ketika sedang menonton TV
2. Terlalu sering makan camilan atau snack. Kalau mau makan camilan, lebih baik tetap dengan menggunakan buah atau sayuran, misalnya selai kacang alami dengan pisang yang diiiris tipis, bisa ditambah juga dengan roti gandum.
3. Masih mengkonsumi gula
4. Tidak menjaga pola makan daging
5. Masih suka makan di restoran cepat saji

Fase Kedua: Live It!

Dengan menjalankan program diet ini, berat badan Anda diklaim bisa terus turun sampai Anda mencapai berat badan ideal bagi Anda. Selain itu juga Anda bisa mendapatkan panduan dari ahli kesehatan untuk mempertahankan berat badan Anda supaya tidak naik-naik lagi seumur hidup, sehingga Anda tidak perlu melakukan program diet yang lainnya.

Pada masa kedua atau fase pasca-diet ini, beberapa hal yang harus dilakukan meiputi:

1. Mempelajari tentang porsi makanan yang baik dan sehat
2. Memilih makanan yang sehat
3. Tetap membiasakan kebiasaan sehat walaupun sudah tidak lagi menjalani program diet.

Dengan tetap menerapkan kebiasaan sehat, maka penurunan berat badan Anda bisa permanen, alias tidak akan naik-naik lagi. Pada fase ini, Anda masih bisa menurunkan berat badan hingga mencapai satu kilogram per pekannya, selama Anda masih tetap mempraktikkan hal-hal yang disarankan di atas.

Sudah banyak orang yang mempraktikkan program diet mayo ini dan terbukti efektif menurunkan berat badan dan membuat tubuh menjadi lebih ideal, termasuk beberapa pesohor di negeri ini. Dengan berat badan yang ideal atau yang sesuai dengan yang Anda inginkan, maka tentu Anda akan tampil lebih percaya diri.

Leave a Reply