Annual Recurring Revenue (ARR): Pengertian, Manfaat, dan Cara Menghitungnya.

ARR atau Annual Recurring Revenue didefinisikan sebagai metrik penting yang menunjukkan berapa banyak pendapatan berulang yang dapat Anda peroleh atau harapkan dalam satu tahun, berdasarkan subscription atau metode berlangganan.

Sebagai seorang pebisnis Anda wajib memiliki pengetahuan mengenai sebuah metrik yang dinamakan Annual Recurring Revenue (ARR), sebab dengan metrik ini Anda dapat mengontrol perkembangan perusahaan dan mengukur laba bersih perusahaan Anda setiap tahun.

Metrik ini sangat cocok bagi perusahaan-perusahaan yang menerapkan model bisnis subscription-base yaitu model bisnis yang mengenakan biaya secara berulang untuk penyediaan layanan dari produknya.

Annual Recurring Revenue juga dapat Anda gunakan sebagi tolak ukur untuk menilai kinerja perusahaan Anda. Oleh karenanya penting untuk Anda memahami cara menghitungnya dan faktor-faktor yang memengaruhi penghitungannya. Langsung saja, simak penjelasan lengkap berikut untuk mengetahui lebih jauh apa itu ARR.

Pengertian Annual Recurring Revenue (ARR)

ARR atau annual recurring revenue didefinisikan sebagai metrik penting yang menunjukkan berapa banyak pendapatan berulang yang dapat Anda peroleh atau harapkan dalam satu tahun, berdasarkan subscription-base atau model bisnis berlangganan.

Pada dasarnya, metrik ini berfungsi untuk menghitung dan memperkirakan pendapatan berulang yang didapatkan perusahaan dalam satu tahun, serta mengukur pertumbuhan perusahaan.

Metrik ini utamanya digunakan oleh bisnis atau perusahaan SaaS yang beroperasi dengan model bisnis subscription-base.

Tanpa menggunakan metrik ini perusahaan Anda akan mengalami kesulitan untuk mengetahui perkembangan tentang kinerja bisnis dari tahun ke tahun.

Mengapa ARR Penting Untuk Bisnis Anda

Annual recurring revenue (ARR) dianggap sebagai salah satu metrik terpenting bagi perusahaan subscription-based. Metrik ini dapat memperlihatkan informasi penting bagi perusahaan Anda. Berikut beberapa hal yang didapatkan dari ARR :

1. Mengukur Pertumbuhan & Kinerja Perusahaan

Nilainya yang cenderung stabil dan dapat diprediksi, membuat metrik ini sangat berguna untuk menunjukan pertumbuhan perusahaan.

Dengan membandingkan ARR selama beberapa tahun, perusahaan dapat dengan jelas melihat apakah keputusan bisnisnya menghasilkan kemajuan dan dapat melihat apakah perusahaan mengalami pertumbuhan yang positif.

Selain itu, Metrik ini juga dapat membantu Anda mengukur kinerja perusahaan, menunjukkan di mana pendapatan tumbuh atau hilang, dan mengapa. Informasi yang Anda dapat dari metrik ini akanmembantu Anda membuat keputusan yang lebih baik mengenai banyak hal untuk kemajuan perusahaan Anda.

2. Mengevaluasi Kesuksesan dari Suatu Model Bisnis

ARR hanya mengevaluasi pendapatan yang diperoleh dari subscription. Dengan demikian, ARR memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi apakah model bisnis subscription-base nya berhasil atau tidak.

3. Perkiraan Pendapatan

Mirip dengan MRR, ARR umumnya digunakan untuk perkiraan pendapatan. Metrik ini biasanya digunakan sebagai dasar, dan dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam perhitungan yang lebih kompleks untuk memproyeksikan pendapatan masa depan perusahaan.

4. Meningkatkan Pendapatan.

Dengan melacak metrik ini akan memberikan wawasan tentang apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan, dan membantu mempromosikan cross-selling dan up-selling yang mengarah pada konversi dan peningkatan pendapatan.

5. Mengetahui Market Product-fit

Untuk mengetahui apakah suatu produk yang telah di launching berhasil dan dapat diterima dengan baik di pasar atau tidak maka digunakanlah ARR untuk memperhitungkannya. Jika ARR yang didapat besar, maka hal tersebut menandakan bahwa produk diterima oleh pasar dengan baik.

Setelah Anda mengetahui kenapa metrik ini penting, sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana cara menghitungnya.

Cara Menghitung ARR?

Secara konseptual, metrik ARR dapat dianggap sebagai MRR dalam satu tahun.

Sehingga, cara paling sederhana untuk menghitung ARR adalah dengan mengalikan MRR Anda dengan 12.

Sehingga rumusnya menjadi :

ARR = MRR [Pendapatan rata-rata per pelanggan (bulanan) * jumlah pelanggan] * 12

Misalnya saat ini Anda memiliki 30 pelanggan. 15 membayar langganan dasar Anda (50 rb per bulan) sementara 15 lainnya membayar langganan premium Anda (100 rb per bulan), maka perhitungannya akan terlihat seperti ini.

Pendapatan rata-rata per pelanggan: 75 ribu

Jumlah pelanggan: 30

(75 * 30) * 12 = 27.000

Dengan menggunakan perhitungan di atas, maka MRR Anda akan menjadi 2.250 dan ARR Anda akan menjadi 27.000.

Sumber lain yang dikutip dari corporatefinanceinstitute.com memiliki rumus perhitungan ARR yang berbeda yaitu dengan membagi total nilai kontrak (langganan) dengan jumlah tahun.

Misalnya, jika pelanggan berlangganan selama empat tahun dengan harga 400 rb, maka tentukan ARR perusahaan Anda.

ARR = 400 / 4 = 100

Dari perhitungan diatas maka diperoleh ARR perusahaan Anda adalah 100.

Yang perlu Anda perhatikan bahwa perhitungan ARR hanya mempertimbangkan pendapatan berulang dan tidak termasuk biaya satu kali atau biaya variabel.

Elemen Yang Harus Ada Dalam ARR

Agar perhitungan ARR lebih akurat maka Anda perlu memasukkan beberapa elemen-elemen berikut:

1. Sumber Pemasukan

Sumber pemasukan yang Anda masukkan hanya yang berasal dari subscription yang dilakukan pelanggan Anda. Bisa juga pendapatan lainnya asalkan itu adalah pendapatan berulang seperti pembelian pembelian in-app purchase, dan sebagainya.

2. Konsumen Yang Melakukan Upgrades maupun Downgrades

Konsumen yang melakukan perubahan paket subscription ke paket yang lebih mahal atau sebaliknya ke paket yang lebih murah juga termasuk elemen yang harus Anda masukkan.

3. Tingkat Churn Dari Konsumen

Dan yang terakhir adalah tingkat churn. Berapa banyak konsumen yang tidak melanjutkan subscription-nya.

Akhir kata, Annual recurring revenue (ARR) adalah metrik yang sangat penting untuk bisnis Anda. Ini memberi tahu Anda total pendapatan yang dihasilkan selama setahun. Seperti yang Anda lihat, ARR memainkan peran besar dalam kesuksesan dan keberlanjutan bisnis Anda. Jika Anda belum membuat ARR untuk bisnis Anda, maka sekaranglah saatnya Anda membuatnya.

Selain dengan matriks perhitungan ARR di atas kamu juga perlu mengetahui berbagai macam matriks yang penting lainnya agar dapat melakukan evaluasi dengan tepat serta agar dapat memberikan wawasan yang tepat sehingga dapat melakukan keputusan yang tepat dan terukur bagi perusahaan.

Untuk itu, Anda harus terus belajar. Di dalam website ini banyak informasi mengenai digital marketing yang bisa Anda pelajari. Temukan dan baca semua konten yang Anda inginkan. Terimaksih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Jika ada saran dan kritik bisa tuliskan di kolom komentar dibawah.

Leave a Reply