8 Cara Membangun Team Building yang Efektif

Dalam sebuah dunia kerja, penting sekali rasanya untuk selalu meningkatkan kerja sama antar tim. Hal ini tidak lain adalah untuk terwujudnya visi dan misi dalam perusahaan tersebut. Nah, sudah waktunya untuk mengetahui cara membangun tim building yang efektif.

Pekerjaan menjadi sangat menyenangkan apabila memiliki teamwork yang baik. Terjalinnya komunikasi secara lancar, membuat koordinasi antar anggota semakin mudah. Sebetulnya ini adalah kunci utama dalam membangun tim building yang baik.

Tips Cara Membangun Tim Building yang Efektif

cara membangun team building yang efektif
Membangun Team Building yang Efektif

Komunikasi memang sebagai syarat utama. Namun, ada banyak sekali hal-hal yang seharusnya tidak luput dari perhatian untuk membentuk tim building yang efektif. Terdapat 8 tips membangun tim building yang solid yang dapat kamu lakukan untuk mewujudkan tim dengan kinerja yang baik.

1. Visi dan Misi Harus Jelas

menentukan visi dan misi perusahaan yang jelas adalah salah satu cara membangun tim building yang efektif
Visi & Misi

Tips yang pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan visi dan misi perusahaan yang jelas. Bagaimanapun dengan adanya visi dan misi ini membuat tujuan berjalannya sebuah perusahaan menjadi terarah. Mengetahui batasan-batasan yang harus dilakukan untuk tetap memajukan perusahaan tersebut.

Beritahu kepada semua anggotamu tentang visi dan misi perusahaan ini. Agar mereka mengerti apa yang harus mereka lakukan dalam hal memajukan perusahaan. Menyampaikan visi misi kepada setiap anggota, tidak lain adalah untuk menyatukan pandangan mereka tentang tujuan sebuah perusahaan.

Kamu juga dapat melibatkan anggotamu untuk ikut bergabung dalam penyusunan visi dan misi perusahaan. Agar mereka dapat memberikan saran dan masukan untuk tujuan perusahaan yang lebih baik.

2. Kenali Skill Setiap Anggota

Cobalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang keahlian atau skill masing-masing anggota

Mengenali skill setiap anggota memang sangat diperlukan. Hal ini dilakukan agar penempatan dan pembagian tugas setiap anggota sesuai dengan skill yang dimiliki. Dengan begitu, dengan segala kemungkinan terbaik anggotamu akan dapat bekerja dengan maksimal karena kamu menempatkan mereka pada posisi yang sudah mereka kuasai.

Nah, untuk mengetahui skill yang dimiliki oleh setiap anggotamu, kamu harus menjalin sebuah kedekatan pada setiap anggota. Apabila kedekatan sudah terjalin dengan baik, maka kamu akan dengan mudah mengenali skill yang mereka miliki serta kelemahannya.

Biar bagaimanapun, skill adalah unsur penting yang harus dimiliki oleh setiap anggota. Tentang kemampuan-kemampuan yang mereka miliki dan pada posisi mana yang pantas untuk mereka duduki.

3. Buat Kelompok atau Divisi

Kamu dapat membagi anggotamu ke dalam beberapa kelompok atau divisi agar terbentuk tim building yang efektif

Kamu dapat membagi anggotamu ke dalam beberapa kelompok. Pembuatan kelompok ini tentunya untuk meringankan beban individu. Mereka dapat meminta bantuan kepada anggota lain untuk menyelesaikan tugasnya.

Dengan adanya kelompok ini, anggota-anggotamu dapat saling tolong menolong satu sama lain. Nah, dengan adanya divisi ini, mereka dapat meningkatkan kualitas kerja sama antar tim menjadi lebih baik dan meningkat. Dengan begitu, kinerja anggota-anggotamu akan semakin maksimal.

Penting sekali untuk diingat, tempatkan anggota-anggotamu berdasarkan kelompok atau divisi yang sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki, ya.

4. Bagi Job Desc

Bagi tugas ke setiap anggota secara merata

Bagi tugas ke setiap anggota secara merata. Biasanya job desc ini diberikan kepada setiap kelompok atau divisi, bukan individu. Jadi, dengan demikian tugas menjadi tanggung jawab bersama.

Jangan sampai membebankan tugas ke salah satu pihak. Berusahalah adil dalam hal pembagian job desc ini. Jangan sampai salah satu dari anggota ada yang merasa terbebani. Bagi tugas sesuai dengan porsinya masing-masing.

Pantau setiap perkembangan yang sudah dikerjakan anggota-anggotamu. Sampai sejauh mana tugas terselesaikan. Sebisa mungkin jangan pernah lewat dengan deadline yang sudah ditentukan.

5. Beri Kepercayaan

Untuk membangun tim yang solid solusinya adalah harus ada keakraban di dalam organisasi sehingga sikap saling percaya dan menghormati antar anggota sangat dibutuhkan

Berilah kepercayaan kepada setiap anggota bahwa mereka dapat menuntaskan tugasnya dengan baik. Berikan deadline terhadap tugas yang sudah kamu bagikan. Jangan sesekali menghakimi anggota karena tugas yang mereka kerjakan kurang maksimal.

Lebih baik memberi tahu bagaimana seharusnya yang mereka lakukan. Karena dampak atas menghakimi adalah menurunnya kinerja. Sedangkan hal ini akan mempengaruhi dalam pencapaian visi misi perusahaan.

Jangan sampai memberikan perlakuan menggurui. Berikan sikap yang tepat dan tahu batas-batas toleransi. Berikan kepercayaan penuh kepada mereka apabila mereka mampu menyelesaikan tugas dengan performa yang maksimal.

6. Terapkan Sistem Reward

Menerapkan sistem reward setelah mengetahui kinerja setiap anggota memang sangat penting.

Menerapkan sistem reward setelah mengetahui kinerja setiap anggota memang sangat penting. Hal ini merupakan sebuah wujud penghargaan atas apa yang sudah anggotamu lakukan. Biasanya, sebuah dunia kerja selalu melupakan aspek penting ini.

Tujuan memberikan reward kepada setiap anggota yang sudah melaksanakan tugasnya dengan baik dapat meningkatkan kinerjanya pada tugas-tugas berikutnya. Akan ada semangat baru yang mereka dapatkan setelah mendapatkan reward. Nah, untuk menjaga performa anggota-anggotamu agar tetap baik dan meningkat, kamu dapat menerapkan sistem ini.

7. Komitmen

Tanyakan tentang komitmen apa saja yang anggotamu berikan untuk tetap berada pada perusahaan ini.

Tanyakan tentang komitmen apa saja yang anggotamu berikan untuk tetap berada pada perusahaan ini. Karena biar bagaimanapun dengan adanya komitmen ini kamu dapat melihat keseriusan anggotamu terhadap sebuah pekerjaan.

Akan tetapi, komitmen dalam setiap anggotamu dapat kamu ciptakan, lho. Caranya dengan melibatkan mereka dalam setiap pekerjaan. Bisa saja dengan memberitahukan tentang keuntungan-keuntungan yang akan mereka dapatkan apabila bergabung dengan perusahaan ini.

Sadarkan kepada setiap anggotamu bahwa dalam perusahaan ini mereka memiliki peran penting untuk memajukan perusahaan. Karena sebuah dunia kerja yang memiliki Tim Building Terbaik adalah sebuah perusahaan yang memiliki anggota-anggota yang memiliki kesadaran tinggi.

8. Tumbuhkan Sikap Kekeluargaan dengan Baik

 jika kamu adalah seorang pemimpin, maka berikan motivasi pada tim kamu dan Tumbuhkan Sikap Kekeluargaan dengan Baik

Sebuah dunia kerja merupakan tempat di mana kamu berada pada circle keluarga baru. Jadilah leader yang bisa mengayomi semua anggota. Ajak mereka berdiskusi dengan baik dan terima saran dan kritikan untuk menjadikan perusahaan menjadi lebih maju.

Tampung segala bentuk ide-ide ataupun opini cemerlang dari anggotamu. Yang terpenting adalah libatkan anggotamu dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada dalam perusahaan. Jadi, jangan sampai setiap masalah kamu selesaikan sendiri tanpa mengajak anggota-anggotamu berdiskusi.

Dengan demikian, anggota akan bersama-sama berpikir kritis untuk mencari jalan keluar terhadap masalah yang sedang dihadapi. Karena ini adalah sebuah perusahaan, jadi setiap permasalahan yang ada dalam perusahaan juga merupakan tanggung jawab setiap anggota pula.

Dunia perbankan dapat dikatakan sebagai dunia kerja yang membutuhkan kerja sama antar tim kompak yang stabil. Untuk itu penting sekali kiranya untuk memperhatikan hal-hal yang sudah disampaikan di atas. Tidak lain adalah untuk menciptakan sebuah tim yang dapat melaksanakan perannya dalam sebuah perusahaan.

Manajemen perbankan yang terstruktur sudah semestinya didukung oleh sumber daya manusia yang solid dan bertanggung jawab satu sama lain. Sadar atas tugas-tugas yang harus diselesaikan. Karena sejatinya Tim Building merupakan suatu kondisi dimana membantu sebuah perusahaan dalam mencapai visi dan misi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Nah, demikian adalah cara Membangun Tim Building yang Baik. Ciptakan sebuah tim yang memiliki rekan kerja yang melaksanakan tugasnya dengan penuh semangat. Jangan lupa untuk share artikel ini ke semua media yang kamu miliki, agar orang-orang di luar sana dapat sama-sama belajar mengenai tim building yang baik.

Baca juga:

Leave a Reply