7 Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Kesuksesan dalam bisnis bisa Anda mulai dari rumah sendiri. Jika Anda saat ini kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan karena semakin ketatnya persaingan dunia kerja. Salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan sebagai sumber pendapatan adalah dengan memulai usaha dari rumah, sebab untuk memulainya Anda tidak memerlukan modal yang besar. Dengan kata lain Anda bisa langsung memulai dan memilih mana usaha rumahan yang lagi trend dan yang cocok dengan passion serta lokasi Anda saat ini.

Dengan membuka usaha baru apalagi usaha yang lagi trend Anda akan membantu menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang di sekitar Anda dan Anda juga akan memperoleh pengalaman bisnis plus mendapat potensi penghasilan yang cukup baik.

Banyak Ide bisnis rumahan atau peluang usaha rumahan yang sangat menjanjikan dan dapat dikelola sendiri atau bersama dengan anggota keluarga. Beberapa peluang usaha yang bisa Anda coba diantaranya adalah :

1. Barbershop

barbershop salah satu usaha rumahan yang lagi trend

Saat ini lifestyle telah menjadi bagian dari hidup baik di kalangan muda maupun yang sudah berusia. Dan yang paling terlihat adalah bagaimana seseorang mengekspresikan dirinya dalam pembentukan model rambutnya.

Walaupun banyak yang melihat bahwa bisnis ini terkesan remeh, namun pendapatan yang diperoleh dari usaha pangkas rambut/barbershop sangatlah menggiurkan apalagi jika Anda membukanya di rumah sendiri sehingga tidak ada biaya sewa tempat.

Ada beberapa Strategi agar barbershopmu bisa menghasilkan keuntungan salah satunya dengan menganalisis menggunakan strategi pemasaran yang biasa disebut marketing mix (produk, promosi, place dan price).

Namun sebelum itu Anda harus membuat segmentasi pasar terlebih dahulu untuk mengetahui siapa sebenarnya yang paling membutuhkan dan paling menyambut baik bisnis Anda. Berikut contohnya.

Segmentasi Barbershop ; Remaja umur 13 tahun keatas.

Rationals ; Karena remaja biasanya sangat peduli dengan penampilan dan lebih sering bergonta-ganit model atau gaya rambut sehingga diharapkan mereka akan sering datang kembali untuk memangkas rambutnya.

Produk (jasa) ; Usaha Jasa yang bergerak di bidang perwatan rambut untuk pria dengan kelebihan mempunyai fasilitas yang lengkap dan tukang cukur yang terlatih.

Price (harga) ; harga untuk setiap pemotongan Rp. 10.000 sudah termasuk free pemijatan, dengan keunggulan bergaransi uang kembali jika tidak puas.

Promotion (promosi) ; dengan menyebarkan brosur, memberikan free cut setelah 3x pemotongan, menggunakan media social dan website.

Place (tempat) : Rumah sendiri dan sudah didesign agar pelanggan nyaman ketika datang.

Bagi Anda yang berminat untuk membuka usaha barbershop dan ingin memulai peruntungan di sini, teruslah mencoba strategi-strategi pemasaran yang lain agar usahamu bisa berkembang dengan cepat.

2. Ghost Restoran

Ghost restaurant adalah restoran yang hanya berfokus pada delivery saja, sangat cocok untuk usahan rumahan yang lagi trend

Ghost restaurant adalah restoran yang hanya berfokus pada delivery saja. Jenis restoran ini hanya menawarkan makanan untuk diantar dan makanan yang tersedia di restoran ini biasanya juga hanya dibuat saat ada pesanan. Membuat restoran jenis ini mampu menawarkan berbagai macam makanan pada daftar menunya.

Dengan konsep ini, seseorang bisa berbisnis usaha rumahan yang lagi trend hanya dengan menggunakan peralatan seadanya untuk memasak, kemudian memasarkannya secara online baik, melalui GoFood, GrabFood, maupun aplikasi lainnya.

Berikut beberapa strategi agar restoranmu mendapatkan banyak orderan :

Pertama Anda harus bekerja sama dengan aplikasi delivery service. Karena restoran Anda berkonsep tidak menyediakan tempat untuk makan di lokasi, sehingga Anda perlu bekerja sama dengan pihak ke tiga untuk mengantar pesanan ke pelanggan dan juga sebagai media untuk menarik pembeli dengan aplikasi yang sudah disediakan oleh pihak ke tiga.

Kedua Buatlah iklan yang menarik di social media Anda. Buat promo berupa voucher dengan masa berlaku, Buatlah konten dan tayangkan sesering mungkin, Ajak juga pelanggan untuk membagi foto makanan yang mereka pesan.

Ketiga lakukan evaluasi secara berkala. Tidak ada bisnis yang saat dimulai langsung perfect, oleh karena itu maka lakukanlah perbaikan-perbaikan agar bisnismu terus tumbuh.

3. Kedai Kopi

Membuka usaha rumahan yang lagi trend yaitu kedai kopi walaupun hanya sederhana tidak bisa di anggap remeh karena sudah banyak yang berhasil

Membuka usaha rumahan yang lagi trend yaitu kedai kopi walaupun hanya sederhana tidak bisa di anggap remeh karena sudah banyak mereka yang berhasil dan sukses dengan model bisnis kecil ini. Namun, itu semua tergantung bagaimana cara Anda mengelola dan mengembangkannya, berikut strategi yang bisa Anda gunakan.

Langkah pertama tentukan konsepnya. Selain untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis kopi lainnya, konsep bisnis juga dapat membantu menarik konsumen hingga membantu mengembangkan bisnis.

Kedua tentukan segment misalnya Anda menyasar segment Remaja karena Anda melihat sekarang hampir disemua kedai kopi mayoritas di penuhi oleh remaja.

Ketiga gunakan strategi marketing mix untuk memperkuat strategi marketing kedai kopimu.

Produk ; Konsep produk yang ditawarkan harus menarik untuk pelanggan Anda, misalnya selalu memberikan kopi dengan kualitas yang bagus dengan selalu mengecek bahan baku yang diperoleh sebelum diolah. Dan membuat produk-produk unggulan yang unik yang hanya ada di kedaimu.

Price (harga) ; Pada bagian ini , Anda perlu menjabarkan berapa harga yang sesuai untuk produk yang Anda jual. Dan Anda harus sangat berhati-hati dalam menentukan harga produk Anda karena jika Anda memberikan harga terlalu tinggi dari harga pasaran, Anda mungkin akan kehilangan pelanggan, Jika Anda memberikan harga terlalu rendah, beberapa orang mungkin akan meremehkan produk yang Anda jual, karena beberapa orang menganggap kualitas produk dapat dilihat dari harganya.

Promotion (promosi) ; promosi bisnis dapat Anda lakukan dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan strategi word of mouth, me-review kedai kopi Anda melalui social media, atau memberikan diskon harga kepada konsumen Anda di hari-hari spesial seperti ulang tahun, hari natal, dan lain sebagainya. Selain promosi bisnis, Anda juga harus terus berinovasi untuk terus mempertahankan eksistensi kedai kopi dan mengembangkan bisnis.

Place (tempat) : Rumah Anda sendiri dan Anda dapat menggunakan Google Bisnis untuk lebih mempermudah calon pembeli online mengetahui lokasi secara langsung.

4. Bisnis Dropship

Dropship adalah sistem yang mulai banyak bermunculan dan berkembang dengan maraknya penjualan barang melalui internet

Dropship merupakan salah satu usaha rumahan yang lagi trend saat ini. Lalu apa sebenarnya dropship itu? Dropship adalah sistem yang mulai banyak bermunculan dan berkembang dengan maraknya penjualan barang melalui internet. Dengan adanya sistem dropship, banyak pihak yang terbantu baik itu supplier, pembeli dan pihak yang melakukan dropship itu sendiri yang disebut dropshipper. Dropshipper tidak menyimpan stok barang, jadi jika seorang dropshipper mendapatkan order, ia akan langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke pemasok/supplier yang menjual barang tersebut.

Mau coba untuk menjadi dropshipper? Berikut strategi yang bisa Anda coba.

Pertama Anda harus cari supplier produk yang Anda ingin jual. Pastikan supplier yang Anda cari adalah yang terpercaya, syukur jika Anda mengenalnya. Ini bertujuan agar nantinya pembeli Anda tidak merasa kecewa pada barang yang ia beli.

Kedua menentukan harga jual. 10-20% profit adalah harga yang di anjurkan oleh para senior dalam bisnis ini.

Ketiga manfaatkanlah teknologi untuk meningkatkan penjualan. Anda bisa membuat website sendiri dan mengoptimasi SEO nya agar jualan Anda semakin laris karena website Anda mudah dillihat dan dicari oleh pelanggan Anda. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan social media dan marketplace yang sudah terbukti dapat menjaring calon pelanggan Anda.

Keempat jual secara offline. Selain menjual secara online Anda juga bisa mencoba menjualnya secara offline, tawarkan kepada lingkungan sekitar Anda, keluarga dan teman-teman Anda. Jika Anda tepat dalam memberikan harga jual di tahap awal tadi, maka dipastikan produk yang Anda jual akan laris manis.

5. Bisnis Laundry

laundry adalah jenis Usaha rumahan yang sangat familier dan ada dimana-mana

Usaha rumahan yang satu ini ada dimana-mana, hampir menjamur, familiar dan menjadi salah satu alternatif bisnis yang banyak dijalankan beraneka ragam latar belakang. Membuka bisnis laundry dapat menjadi usaha yang menguntungkan. Akan tetapi untuk meningkatkan peluang kesuksesan bisnis ini, Anda harus memiliki strategi bisnis yang kuat dari segi produk, price, promotion dan place, atau sering disebut strategi marketing mix.

Produk : isu terpenting mengenai produk laundry adalah bukan sekedar mencuci baju, tetapi mengikuti selera dan kehendak pelanggan. Di sini, faktor-faktor lain selain kualitas seperti variety untuk pilihan, kesesuaian rekabentuk, kaedah pembungkusan, faedah penggunaan, serta berbagai attribute daripada produk patut dipertimbangkan untuk menarik perhatian pelanggan.

Price : Strategi penetapan harga menjadi penting karena faktor harga berperanan dalam mempengaruhi pengguna untuk kesetiaan pelanggan untuk menggunakan jasa. Ada banyak strategi harga yang bisa Anda gunakan untuk menentukan harga yang pas untuk produk Anda.

Promotion : Untuk menarik pengguna membeli produk bukannya tugas yang mudah. Mereka perlu dipengaruhi, bukan sekedar diperkenalkan saja. Mereka perlu diberi kesadaran hingga mereka merasa perlu untuk membeli produk yang ditawarkan. Anda bisa mencoba menggunakan jasa media masa lokal seperti koran, radio dan televisi lokal untuk memperkenalkan produk disamping penyebaran brosur langsung ke rumah calon konsumen.

Place : Menawarkan produk yang tepat, di tempat/lokasi yang tepat dan pada masa yang tepat, adalah tujuan kepada strategi ini dan dengan menggunakan rumah sendiri untuk lokasi usaha merupakan salah satu keuntungan tersendiri karena dapat menghemat biaya sewa yang seharusnya Anda keluarkan.

6. Bisnis Butik Atau Toko Pakaian Muslim

Butik Atau Toko Pakaian Muslim

Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap fashion terutama pakaian muslim menjadikan usaha rumahan yang satu ini banyak diminati. Terlebih lagi jika sudah mendekati hari raya ramadhan akan terjadi peningkatan permintaan yang sangat tinggi. Hanya saja dengan tingkat persaingan yang ada harus ada satu strategi khusus agar produk Anda diminati oleh pelanggan.

Pertama strategi produk Anda harus menciptakan brand sendiri agar mudah dikenal oleh masyarakat. Kualitas produk juga harus diperhatikan untuk menjaga kepuasan konsumen dan agar konsumen mempunyai minat untuk kembali membeli produk pakaian Anda. Selain itu Anda harus selalu berinovasi dan selalu mengikuti perkembangan zaman atau trend yang ada di masyarakat dan terus-menerus memberikan pembaruan terhadap produk pakaian Anda.

Kedua Strategi harga. Dalam menetapkan harga perlu hati-hati harus memperhatikan potensi pasar dan siapa segment atau target pasar Anda, jangan terlalu murah juga jangan terlalu mahal, jika Anda bingung dalam menentukan harga caranya Anda bisa mengintip harga produk para pesaing Anda untuk menjadi acuan harga yang akan Anda buat.

Ketiga Strategi Promosi. Promosi merupakan suatu usaha perusahaan atau individu dalam memberikan informasi dan mempengaruhi serta menarik konsumen secara langsung terhadap produk yang dihasilkan. Dalam mempromosikan produk fashion Anda dapat mulai dengan mengikuti kegiatan event-event atau pameran-pameran fashion yang diadakan di daerah Anda, selain itu Anda juga harus melakukan promosi dengan cara digital baik melalui website, marketplace atau yang lainnya.

7. Usaha Bisnis Bengkel Motor

Bengkel motor sangat dibutuhkan oleh para pengendara motor

Penambahan populasi kendaraan bermotor semakin meningkat tiap tahunnya. Kepadatan aktivitas di jalan menuntut kenyamanan, untuk itu kendaraan yang dipakai harus selalu dalam keadaan baik. Kebutuhan service bagi sepeda motor menjadi kebutuhan rutin yang harus dilakukan oleh penggunanya. Walaupun dibisnis ini banyak kompetitornya bengkel Anda akan tetap menjadi pilihan jika Anda bisa menyusun strategi yang unik dan berbeda dari yang lainnya.

Temukan keunggulan apa yang harusnya dimiliki bengkel Anda, sehingga ada alasan kuat bagi konsumen untuk memilih bengkel Anda. Kemudian buat pembeda yang akan menjadi keunggulan kompetitif seperti memberikan servis gratis dan cuci gratis untuk yang biaya servicenya diatas nilai tertentu.

Untuk promosinya Anda bisa membuat spanduk atau banner yang dipasang ditempat-tempat strategis agar banyak konsumen yang tahu tentang bengkel dan layanan atau produk Anda, kemudian konsumen harus merasakan layanan atau service yang memuaskan dari bengkel Anda agar supaya konsumen loyal dan mereka akan merekomendasikan bengkel Anda ke teman, saudara atau tetangga mereka.

Sekarang saatnya Anda menentukan satu dari tujuh usaha rumahan yang lagi tren diatas. Anda harus memulai dari satu titik, yaitu memilih satu bisnis. Satu bisnis yang Anda percaya. Satu bisnis yang Anda siap untuk perjuangkan. Pilihlah yang terbaik dan yang paling Anda minati. Selamat mencoba.

Leave a Reply