7 Rahasia Ini Bisa Bikin Strategi Video Marketing Anda Sukses Besar

Saat ini video marketing telah menjadi kebutuhan mutlak bagi pemasar yang ingin menjangkau dan menangkap audiens di media sosial dan platform online.

Pemasar tentu tidak asing dengan manfaat video marketing saat ini. Video bisa menjadi pendongeng yang hebat.

Mereka membuat informasi lebih mudah dicerna dan lebih mudah dipahami.

Itulah mengapa pemasar mencoba menggunakan video sebanyak mungkin untuk membantu calon pembeli memahami produk dan membuat keputusan pembelian melalui media visual.

Rahasia Strategi Video Marketing

Rahasia Strategi Video Marketing

Sekarang, jelas bahwa video adalah saluran penting bagi pemasar. Tapi apa yang membuat video menjadi bagus? Dan apa yang membuat audiens tetap terlibat? Apakah ini cerita yang bagus? Atau mungkin itu semua tentang menjangkau audiens yang tepat pada waktu yang tepat?

Membangun kampanye video marketing online yang sukses tidak terjadi dalam semalam. Ada beberapa cara agar Anda dapat membuat kampanye video marketing dengan sukses. Untuk itu mulailah dengan mencoba 7 rahasia strategi vidio marketing berikut.

1. Fokus Pada Cerita, Bukan Penjualan

Fokus Pada Cerita, Bukan Penjualan

Sebelum munculnya media sosial, jika Anda ingin seseorang melihat iklan, Anda harus menyewa ruang dalam saluran media populer seperti TV atau media cetak.

Sekarang di era internet terdapat banyak platform sosial media, disana brand Anda dapat menjangkau audiens yang sama secara langsung.

Jika Anda ingin video Anda ditonton, Anda perlu membuat vidio Anda bernilai bagi audiens Anda. Video yang hanya berfokus pada penjualan, kemungkinan besar akan diabaikan.

Konten video terbaik menceritakan kisah yang berhubungan dengan Audiens.

Semakin baik Anda menceritakan kisah tentang produk Anda, semakin besar kemungkinan audiens Anda akan memahami apa yang ditawarkan perusahaan Anda dan apa yang dapat dilakukan produk Anda untuk memecahkan masalah mereka.

Bagian terpenting dari setiap video adalah menceritakan kisah yang kohesif dan ringkas.

Seperti yang direkomendasikan Facebook : “Iklan video Anda tidak boleh lebih panjang atau lebih pendek dari yang dibutuhkan untuk menceritakan kisah Anda, jadi buatlah alur cerita dari bingkai pertama hingga terakhir yang membuat pemirsa Anda tetap tertarik sepanjang jalan.”

2. Gunakan Beberapa Detik Pertama Dengan Bijak

Di detik-detik pembukaan, Anda harus memberikan kejelasan tentang isi video Anda

Menurut data penelitian atau pengalaman yang telah terjadi sebelumnya, biasanya audiens akan berhenti menonton suatu video pada durasi sebelum atau maksimal 10 detik pertama. Scene ini lebih dikenal dengan hook yang memiliki fungsi memaksimalkan performa strategi marketing dalam bentuk video.

Di detik-detik pembukaan, Anda harus memberikan kejelasan tentang isi video Anda dan memberikan keyakinan kepada penonton bahwa yang akan mereka tonton adalah hal yang menarik perhatian mereka.

Anda dapat menampilkan potongan video yang menarik atau pertanyaan yang membuat audiens Anda merasa penasaran pada 10 detik pertama. Sertakan value yang membuat audiens Anda ingin terus menikmati konten yang Anda sajikan, pastikan video Anda menginspirasi atau menghibur.

Salah satu cara lainnya untuk menarik perhatian adalah dengan memasang thumbnail.

Gambar mini ini adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian audiens dan membuat mereka bersemangat tentang video Anda sebelum mulai diputar.

Gambar mini yang bagus dapat menggambarkan sebuah cerita dan menunjukkan kepada audiens apa isi dalam video tersebut.

3. Targetkan Audiens yang Relevan

Salah satu platform distribusi konten yang sangat bagus dan powerfull adalah facebook.

Salah satu platform distribusi konten yang sangat bagus dan powerfull adalah facebook.

Fitur yang membuat Facebook menonjol dari saluran pemasaran lainnya adalah penargetan super mendalam yang dapat Anda gunakan untuk memilih audiens untuk konten Anda.

Anda mungkin pernah menggunakan penargetan dengan Iklan Facebook sebelumnya, tetapi tahukah Anda bahwa Anda juga dapat menargetkan setiap posting di Halaman Anda ke audiens yang dipilih?

Berbagi postingan yang sangat tertarget adalah cara yang bagus untuk membuat konten Anda menarik bagi setiap anggota audiens Anda.

Dan dengan penurunan jangkauan organik Facebook, fitur ini bisa sangat membantu untuk memastikan Anda selalu menjangkau orang yang paling relevan dengan setiap kiriman konten vidio Anda.

4. Efektifitas Jadwal Publikasi Video

Publikasi konten video dapat mencapai tingkat paling efektif ketika jadwal peluncuran dilakukan pada momen yang tepat.

Tentukan jadwal yang efisien untuk melakukan publikasi video agar jangkauan audience Anda maksimal. Apabila Anda mempunyai objektif pada suatu product launching atau event tertentu, tips ini juga akan efektif karena adanya kesesuaian dengan momen yang akan terjadi.

5. Sertakan CTA

Saat membuat video, pastikan untuk mengoptimalkan konten Anda dengan ajakan bertindak (CTA).

Saat membuat video, pastikan untuk mengoptimalkan konten Anda dengan ajakan bertindak (CTA).

CTA tidak selalu harus langsung mengarah pada penjualan atau pendaftaran, CTA video dapat mencakup: ikuti / sukai Halaman Anda, bagikan dengan teman, komentari videonya dan lain sebagainya

CTA sangat efektif dalam mendorong audiens Anda ke arah yang benar.

Misalnya, saat Anda menyematkan video di situs web atau halaman landing page, Anda dapat menggunakan CTA untuk mengarahkan penonton ke video atau halaman lain yang relevan.

Ada kemungkinan, jika penonton menyukai konten yang baru saja mereka tonton, mereka mungkin ingin mengetahui lebih dalam tentang konten itu dan Anda bisa arahkan mereka dengan Call to Action yang jelas.

6. Optimalkan Search Engine

Optimalkan Search Engine

Lebih dari 3,5 miliar pencarian per hari dilakukan di Google dan YouTube.

Pencarian juga menjadi tren yang berkembang di Facebook , dengan lebih dari 2 miliar pencarian per hari dilakukan di platform tersebut.

Jika Anda tidak mengoptimalkan konten video Anda untuk pencarian, Anda bisa kehilangan banyak sekali penayangan.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan SEO untuk konten blog atau situs web, untuk vidio tidak ada bedanya. Video Anda perlu menyertakan kata kunci yang ingin Anda targetkan.

Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan video Anda muncul dalam pencarian: gunakan kata kunci judul Anda, dan tambahkan deskripsi ke video Anda.

7. Berkolaborasi Dengan Brand dan Influencer Lain

Sembilan puluh persen orang saat ini mempercayai rekomendasi dari rekan atas iklan perusahaan.

Ketika influencer tepercaya merekomendasikan suatu produk, itu bisa terasa lebih asli dan dapat dipercaya daripada brand itu sendiri yang memberi tahu betapa hebatnya produk atau layanannya sendiri.

Setiap bisnis yang sukses saat ini menggunakan vidio marketing sebagai alat pemasaran mereka. Karena dengan vidio marketing pelanggan atau audiens dapat menemukan dan mengenal produk atau jasa Anda dengan lebih mudah.

Artikel tentang 7 rahasia strategi vidio marketing ini semoga bisa membantu bisnis Anda lebih baik dalam hal pemasaran melalui vidio. Mungkin Anda mempunyai pengalaman yang lain tentang topik ini, Anda bisa sharing pengalaman Anda di kolom komentar dibawah. terimakasih.

Leave a Reply