3 Tahapan Sebelum Memilih Produk Jualan

3 Tahapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Memilih Produk Yang Laris
Memulai sebuah usaha salah satu hal yang terpikir adalah mau jualan produk apa. Dalam menentukan produk yang akan dipasarkan biasanya mereka yang pemula salah dalam mengambil keputusan dalam memilih produk yang ingin dijual.

Mereka melupakan satu hal yang sangat amat penting sebelum memulai usaha menjual produk, yaitu mengumpulkan data, apakah produk yang akan kita jual ini dibutuhkan oleh pangsa pasar atau tidak, biasa kita sebut ini riset pasar.

Maka penting sebelum memilih sebuah produk untuk di jual kita harus tahu dulu tentang beberapa hal berikut, terlebih mereka yang ingin roduksi sendiri.

Apakah masyarakat benar-benar menginginkan apa yang Kita jual?

Dalam berbisnis offline mengetahui kebiasaan masyarakat setempat dan mengetahui apa yang menjadi persoalan yang terjadi adalah modal utama dalam menentukan produk yang akan kita jual dengan harapan laris manis di masyarakat.

Sehingga kita tidak lagi mengeluh karena produk kita tidak laku, karena kita tahu produk yang kita jual ini adalah produk yang ingin mereka beli.

Menyampaikan Nilai Produk ?

Banyak situasi masyarakat dimana saat mereka mulai tertarik dengan produk yang Kamu tawarkan, namun masyarakat belum mengerti apa yang sebenarnya kamu jual dan mengapa mereka harus membeli produk Kamu. Apabila masyarakat tidak melihat adanya nilai dalam produk Kamu, masyarakat yang walaupun tadinya tertarik, mereka malah nggak jadi beli.

Dalam sebuah post di LinkedIn, Alexander Michael Gittens, menyatakan, “Tidak ada yang membeli sebuah produk. Kita sadari atau tidak, kita semua hanya membeli ‘nilai’ .”

Jadi apa alasan masyarakat membeli produk Kamu ? Itulah nilai yang akan mereka beli

Apakah Masyarakat Siap Membeli Produk Kamu ?

Seseorang tidak membeli produk dari Kamu bukan berarti mereka tidak akan menjadi kunsumen Kamu. Mereka belum siap dengan produk dan nilai dari produk yang kamu tawarkan.

Menentukan moment yang tepat, untuk membuat mereka beli produk yang Kamu tawarkan adalah sebuah seni dalam berjualan. Seperti yang dikatakan oleh Derek Halpern dari Social Triggers, “Jangan terlalu agresif sepanjang waktu. Jadilah agresif di saat yang tepat.”

Kita tidak bisa menunggu mereka siap membeli Produk kita, kita yang harus membuat mereka siap menerima produk kita, yaitu dengan mengedukasi pasar, mengumpulkan orang yang mulai tertarik pada roduk kita untuk mencoba, setelah mereka mulai merasakan manfaatnya dorong mereka untuk mengenalkan produk kita pada orang lain.

Source: techinasia.com

Leave a Reply